Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2023, 14:30 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Apakah lupus bisa disembuhkan? Pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan banyak pasien ketika terdiagnosa penyakit lupus.

Untuk diketahui, lupus adalah penyakit autoimun yang memicu peradangan kronis di seluruh tubuh. 

Gejala penyakit lupus pada wanita dan pria yang bisa terjadi, diantaranya ruam kulit, sariawan tak kunjung sembuh, radang sendi, psikosis, stroke, atau kejang.

Orang yang memiliki jumlah sel darah rendah juga perlu melakukan pemeriksaan penyakit lupus.

Untuk mendapatkan diagnosis penyakit lupus itu sendiri, pasien harus melalui serangkaian pemeriksaan, seperti tes riwayat kesehatan, riwayat keluarga, pemeriksaan fisik lengkap, tes darah atau urin, dan biopsi kulit atau ginjal.

Baca juga: Tanda-tanda Penyakit Autoimun pada Anak yang Harus Diperhatikan

Apakah penyakit lupus bisa disembuhkan?

Melansir laman CDC, penyakit lupus termasuk penyakit kronis yang tidak ada obatnya dan penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Dengan kata lain, penyakit ini bisa berlangsung seumur hidup. Laman NHS juga menyebutkan, penyakit lupus adalah kondisi seumur hidup yang bisa menyebabkan nyeri sendi, ruam kulit, dan kelelahan.

Meski tidak bisa disembuhkan, pasien bisa melakukan perawatan agar gejala lupus tidak semakin parah atau menyebabkan komplikasi.

Baca juga: Kenali Apa Itu Penyakit Lupus, Penyebab, dan Komplikasinya

Apa saja obat untuk mengontrol penyakit lupus?

Untuk mencegah komplikasi dan kambuhnya penyakit lupus, dokter biasanya meresepkan beberapa jenis obat seperti berikut:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)

NSAID yang dijual bebas, seperti ibuprofen dan naproxen, membantu mengurangi nyeri ringan dan pembengkakan pada persendian dan otot.

  • Kortikosteroid

Kortikosteroid dapat membantu mengurangi pembengkakan, nyeri tekan, dan nyeri. Dalam dosis tinggi, obat ini dapat menenangkan sistem kekebalan tubuh.

  • Obat antimalaria

Obat-obatan yang mencegah atau mengobati malaria juga bisa mengobati nyeri sendi, ruam kulit, kelelahan, dan radang paru-paru akibat lupus.

Dua obat antimalaria yang umum digunakan untuk mengatasi gejala lupus adalah hidroksiklorokuin (Plaquenil) dan klorokuin fosfat (Aralen).

Studi menemukan bahwa minum obat antimalaria dapat menghentikan flare lupus dan dapat membantu penderita lupus hidup lebih lama.

  • Inhibitor spesifik BLyS

Obat ini membatasi jumlah sel B abnormal (sel dalam sistem kekebalan yang membuat antibodi) yang ditemukan pada penderita lupus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com