Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2023, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Gangguan depresi mayor adalah gangguan kesehatan mental yang memiliki gejala lebih serius jika dibandingkan dengan jenis depresi lainnya, termasuk mengalami perubahan perilaku, seperti kehilangan energi dan sulit berkonsentrasi.

Depresi klinis atau gangguan depresi mayor tidak bisa disembuhkan secara total, namun gejala yang muncul bisa diatasi dengan mengonsumsi obat, melakukan prosedur psikoterapi, dan melakukan pola hidup sehat.

Simak cara mengatasi gangguan depresi mayor berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gangguan Depresi Mayor, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi gangguan depresi mayor

Disarikan dari Mayo Clinic dan Verywell Mind, berikut adalah beberapa cara mengatasi gangguan depresi mayor yang akan diberikan.

  • Mengonsumsi obat

Penderita depresi klinis umumnya perlu mengonsumsi obat antidepresan.

Jenis obat ini bekerja dengan menyeimbangkan keseimbangan neurotransmitter otak dan diberikan kepada penderita yang memiliki gejala sedang hingga berat.

Antidepresan yang diberikan akan bekerja dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan, namun beberapa di antaranya akan memberikan efek samping tertentu sehingga penggunaannya perlu diawasi oleh dokter.

Anda juga diimbau untuk tidak melewatkan dosis yang diberikan dan tidak menghentikan konsumsi antidepresan karena bisa mengganggu proses penyembuhan atau membuat gejala yang muncul bertambah parah.

Baca juga: 22 Gejala Gangguan Depresi Mayor, Tak Hanya Sedih

  • Melakukan prosedur psikoterapi

Prosedur psikoterapi atau terapi bicara merupakan perawatan yang secara efektif bisa mengurangi gejala depresi yang muncul.

Prosedur ini perlu dilakukan secara tatap muka dengan tenaga kesehatan profesional, seperti psikiater atau psikolog, sehingga bisa mengetahui kondisi dan permasalahan lain yang dialami.

Terdapat beberapa prosedur psikoterapi yang bisa dilakukan, namun terapi perilaku kognitif (CBT) dan terapi interpersonal dinilai lebih baik untuk mengatasi gangguan depresi mayor.

  • Melakukan prosedur perawatan lain

Beberapa penderita depresi klinis juga perlu melakukan prosedur pengobatan lainnya yang disebut dengan terapi stimulasi otak.

Prosedur terapi ini umumnya akan diberikan untuk penderita yang memiliki gejala lebih serius atau mengalami depresi yang disertai dengan gejala psikosis, seperti halusinasi dan delusi.

Baca juga: 6 Penyebab Gangguan Depresi Mayor, Ada Faktor Genetik dan Stres

  • Melakukan pola hidup sehat

Gangguan depresi mayor tidak bisa disembuhkan sendiri.

Namun, melakukan pola hidup sehat yang dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat dan melakukan terapi bisa mengurangi gejala gangguan kesehatan mental ini.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com