Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengobati Kanker Darah yang Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 14/07/2023, 13:30 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Belum ada obat untuk menyembuhkan kanker darah, tetapi tersedia perawatan untuk mengelola penyakit ini.

Kanker darah atau leukemia adalah jenis kanker yang merusak sel darah dan sumsum tulang.

Baca juga: Apa Itu Kanker Darah?

Mengutip Healthline, penderita kanker darah dapat mengalami remisi, suatu keadaan di mana kanker tidak terdeteksi di dalam tubuh setelah didiagnosis dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Namun, pasien dapat mengalami kembali kanker darah di kemudian hari karena sel-selnya yang masih tersisa di tubuh.

Pasien butuh pengobatan yang tepat, bergantung pada jenis kanker darah, stadium penyakit, dan usia penderitanya.

Baca juga: Penyebab Kanker Darah yang Harus Diwaspadai

Bagaimana cara mengobati kanker darah?

Mengutip Cleveland Clinic, berikut macam cara mengobati kanker darah:

  • Kemoterapi: pengobatan kanker darah primer yang membunuh sel kanker baik untuk memperlambat perkembangan penyakit atau menghilangkan kanker. Penyedia layanan kesehatan menggunakan jenis obat yang berbeda untuk kanker darah yang berbeda.
  • Terapi radiasi: penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan radiasi untuk mengobati leukemia, limfoma, atau mieloma. Radiasi menargetkan sel-sel abnormal, merusak DNA mereka, sehingga tidak dapat bereproduksi. Penyedia layanan kesehatan sering menggabungkan terapi radiasi dengan pengobatan lain. Mereka mungkin menggunakan radiasi untuk meredakan beberapa gejala.
  • Imunoterapi: perawatan ini menggunakan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan kanker. Imunoterapi dapat membantu tubuh Anda membuat lebih banyak sel kekebalan atau membantu sel kekebalan yang ada menemukan dan membunuh sel kanker.
  • Terapi yang ditargetkan untuk kanker: pengobatan kanker ini menargetkan perubahan atau mutasi genetik yang mengubah sel sehat menjadi sel abnormal.
  • Terapi sel T CAR: dalam terapi sel T CAR, penyedia layanan kesehatan mengubah limfosit sel T (sejenis sel darah putih) menjadi pengobatan kanker yang lebih efektif. Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan terapi sel T CAR untuk mengobati leukemia limfoblastik akut sel B, multiple myeloma, dan beberapa jenis limfoma non-Hodgkin, jika pengobatan lain tidak berhasil.
  • Transplantasi sel punca autologus: transplantasi sel punca yang berasal dari pasien sendiri. Penyedia layanan kesehatan dapat mengumpulkan dan menyimpan sel punca sumsum tulang sebelum memberikan kemoterapi dosis tinggi. Setelah kemoterapi selesai, mereka akan mengembalikan sel punca yang dilindungi. Dengan cara ini, orang yang memiliki implan sel punca autolog dapat menghindari efek samping kemoterapi.
  • Transplantasi sel induk alogenik: tindakan untuk mentransplantasi sel induk sehat yang berasal dari orang lain ke pasien dengan sumsum tulang yang rusak. Ini adalah prosedur yang efektif tetapi berbahaya.

Baca juga: 5 Faktor Risiko Kanker Darah pada Anak dan Gejalanya

Perkembangan penelitian dan kemajuan teknologi medis di zaman modern kini melihat bahwa terdapat pengobatan yang mungkin menyembuhkan penderita kanker darah.

Para peneliti melihat potensi itu terdapat pada pengobatan imunoterapi dan terapi target.

Namun, hampir semua pengobatan kanker darah memiliki efek samping yang signifikan untuk pasien, baik itu kemoterapi, imunoterapi, maupun terapi target.

Sehingga, itu perlu diperhatikan juga oleh pasien dan dokter. Biasanya efek samping pengobatan kanker darah bisa diatasi dengan obat atau perawatan lainnya.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kanker Darah, Kelola Faktor Risiko yang Bisa Dikontrol

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com