Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Efek Kebanyakan Minum Air Putih bagi Kesehatan

Kompas.com - 31/08/2023, 09:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

 

KOMPAS.com - Kita perlu menjaga kebutuhan cairan di dalam tubuh. Namun, terlalu banyak minum air putih ternyata juga dapat memberi dampak buruk pada tubuh.

Efek kebanyakan minum air putih yaitu menyebabkan seseorang mengalami keracunan air.

Sebelum membahas efek terlalu banyak minum air putih, Anda mungkin perlu mengetahui tanda-tanda seseorang kelebihan air berikut.

Baca juga: 16 Efek Positif Minum Air Putih untuk Tubuh

Tanda-tanda kelebihan air putih

Dilansir dari WebMD, kelebihan air putih bisa diketahui dengan mengamati warna urine, frekuensi berkemih, hingga gangguan kesehatan seperti sakit kepala. Berikut penjelasannya.

  • Warna urine

Cara pertama untuk menentukan seseorang kelebihan asupan air yaitu dengan mengamati warna urine. Jika urine berwarna bening dalam beberapa waktu, Anda bisa disebut kelebihan air putih.

  • Peningkatan frekuensi buang air kecil

Selain dari warrnanya, kelebihan air putih juga ditandai dengan frekuensi buang air kecil yang lebih sering dari biasanya.

Seseorang umumnya berkemih sebanyak 6-8 kali sehari. Namun, bisa meningkat hingga 10 kali lipat bagi mereka yang minum air putih dalam jumlah banyak, mengonsumsi minuman berkafein, atau mengandung alkohol.

  • Mual dan muntah

Tidak semua cairan dapat diproses oleh ginjal dan dibuang dalam bentuk urine. Cairan yang berlebihan dalam tubuh akhirnya bisa menyebabkan mual, muntah, hingga diare.

  • Sakit kepala dengan sensasi berdenyut

Sakit kepala bisa menjadi gejala dehidrasi maupun overhidrasi.

Kelebihan air dalam tubuh menyebabkan kadar garam tubuh turun dan sel membengkak. Pembengkakan sel bisa menekan tengkorak dan memicu sakit kepala berdenyut yang bisa disertai dengan kesulitan bernapas.

Baca juga: Waspadai, Ini Bahaya Memberikan Air Putih untuk Bayi

  • Kelelahan kronis

Minum terlalu banyak air menyebabkan ginjal Anda bekerja terlalu keras untuk membuang kelebihan air. Hal ini menciptakan reaksi hormon yang membuat Anda merasa stres dan lelah.

Efek terlalu banyak minum air putih

Dikutip dari Medical News Today, kebanyakan minum air putih dapat memicu masalah kesehatan yang disebut dengan keracunan air atau hiponatremia atau gangguan elektrolit.

Ciri-ciri hiponatremia yang paling umum adalah sakit kepala, mual, muntah, kram otot, kejang otot, hingga perubahan suasana hati.

Untuk diketahui, gangguan elektrolit akibat konsumsi air berlebih mengakibatkan kadar natrium anjlok (di bawah 135 mEq/L, normalnya 135-145 mEq/L).

Ketika kadar natrium turun akibat konsumsi air secara berlebihan, cairan akan masuk ke dalam sel dan memicu pembengkakan sel.

Dalam kasus yang parah, keracunan air bisa menyebabkan penumpukan cairan di otak sehingga memengaruhi kinerja sistem saraf pusat, menyebabkan kejang, higga kematian.

Minum air putih terlalu banyak bisa menyebabkan keracunan air yang membahayakan otak bahkan menyebabkan risiko kematian.

Karena itu, kita sebaiknya mengonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan cairan setiap harinya.

Baca juga: 3 Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com