Kompas.com - 02/09/2022, 13:34 WIB

KOMPAS.com - Anda yang ingin menurunkan berat badan sering disarankan untuk minum air putih lebih banyak dari sebelumnya.

Ternyata hal ini bukan tanpa alasan karena sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan.

Melansir Medical News Today, konsumsi air putih bisa mendukung hidrasi tubuh yang sangat berguna dalam proses penurunan berat badan, termasuk mendukung sistem pencernaan dan fungsi otot.

Namun, memahami cara minum air putih untuk menurunkan berat badan perlu dipahami agar tubuh tidak terlalu banyak menyerap cairan yang nantinya akan berbahaya untuk kesehatan.

Baca juga: Air Perasan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Kompas TV Simak fakta terkait diet air putih, manfaat dan risikonya bagi kesehatan, serta tips melakukan diet air putih agar tidak berbahaya bagi tubuh

 

1. Memperhatikan asupan air putih per hari

Konsumsi air putih yang cukup bisa membantu tubuh untuk mencerna makanan dan membakar lemak dengan lebih baik.

Penelitian yang dimuat pada Obesity Journal pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi air putih selama 12 bulan pada wanita dengan berat badan berlebih ternyata berhasil dalam mengurangi hingga 2 kg berat badan.

Healthline juga menjelaskan bahwa minum air putih dingin lebih disarankan karena kalori akan digunakan untuk menghangatkan badan sehingga berat badan juga akan semakin berkurang.

Menurut WebMD, air putih bisa mendukung kinerja ginjal untuk menyaring nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta menghindarkan dari konstipasi.

Namun, konsumsi air putih yang berlebihan bisa berbahaya karena ginjal tidak bisa membuang kelebihan air tersebut sehingga perut akan terlihat buncit.

Solusinya adalah dengan memperhatikan seberapa banyak air putih yang dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.