Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ingus Berdarah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/09/2023, 15:07 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendapati ingus bercampur darah acapkali menimbulkan kekhawatiran, kenapa ingus berdarah

Perlu Anda ketahui, ingus adalah lendir atau cairan yang dihasilkan kelenjar lendir pada saluran pernapasan. 

Mengutip Kementerian Kesehatan, ingus normalnya jernih atau tidak berwarna. Ketika warna ingus mengalami perubahan, kondisi di atas terkadang bisa jadi petunjuk ada masalah kesehatan tertentu. Kenali penyebab dan cara mengatasi ingus berdarah lewat artikel berikut.

Baca juga: Kenapa Ingus Berwarna Hijau? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa ingus berdarah?

Ada beberapa penyebab kenapa ingus berdarah. Berikut beberapa kemungkinannya:

  • Pembuluh darah kecil di hidung pecah

Dilansir dari Cleveland Clinic, kemungkinan paling sering penyebab ingus berdarah adalah pecahnya pembuluh darah kecil di hidung. Kondisi yang dikenal dengan istilah mimisan atau epistaksis ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua lubang hidung. 

Perlu diketahui, hidung memiliki banyak pembuluh darah kecil. Pembuluh darah ini membantu menghangatkan dan melembapkan udara yang masuk ke saluran pernapasan. Kondisi yang biasanya terjadi saat udara kering ini umumnya tidak berbahaya.

 

  • Infeksi atau alergi

Saat mengalami pilek, flu hidung tersumbat, atau sinusitis karena infeksi atau alergi, orang cenderung bersin-bersin, bersin dengan kencang, memencet-pencet hidung yang gatal, atau sering mengeluarkan ingus. 

Hal itu terkadang juga bisa membuat pembuluh darah kecil di hidung pecah dan membuat mimisan. 

  • Efek samping obat tertentu

Penggunaan obat pengencer darah, aspirin, warfarin, obat antiperadangan non-steroid atau NSAID, kokain, atau semprotan hidung yang mengandung steroid terkadang menimbulkan efek samping mimisan. 

Baca juga: Kenapa Ingus Berwarna Kuning? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Paparan bahan kimia tertentu 

Bahan kimia tertentu yang memiliki bau yang sangat tajam, seperti cairan pembersih kamar mandi, asap buangan yang punya aroma tajam, terkadang bisa membuat saluran napas teriritasi dan jadi faktor penyebab ingus berdarah pada orang yang sensitif terhadap bau. 

  • Berada di ketinggian

Wilayah yang tinggi seperti pegunungan atau sedang naik pesawat dengan ketinggian ribuan meter di atas permukaan tanah biasanya memiliki udara kering. Hal ini juga bisa jadi faktor pemicu mimisan. 

  • Penyebab lain

Selain beberapa alasan kenapa ingus berdarah di atas, di beberapa kasus yang jarang terjadi, ingus berdarah juga bisa dipicu kelainan septum atau tulang pemisah hidung kanan dan kiri, gangguan pendarahan seperti penyakit hemofilia, leukemia, tumor dan polip hidung, atau tanda penyakit serius seperti krisis hipertensi. 

Baca juga: 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat tapi Tidak Ada Ingus

Bagaimana cara mengatasi ingus berdarah?

Cara mengatasi ingus berdarah perlu disesuaikan dengan akar penyebab kondisi atau penyakitnya. Namun, secara umum ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan jika mendapati ingus bercampur darah.  Melansir Healthline, berikut beberapa di antaranya:

  • Buat kondisi tubuh rileks, duduk dengan nyaman, lalu pencet dengan lembut hidung untuk menghentikan pendarahan
  • Pastikan lubang hidung Anda tertutup sepenuhnya. Tutup lubang hidung Anda selama 10 menit, condongkan tubuh sedikit ke depan, dan bernapas melalui mulut
  • Jangan berbaring ketika mencoba menghentikan mimisan. Berbaring dapat menyebabkan darah tertelan. Kondisi ini bisa mengiritasi perut
  • Lepaskan lubang hidung Anda setelah 10 menit dan periksa apakah pendarahan telah berhenti. Ulangi langkah ini jika pendarahan terus berlanjut.
  • Anda juga dapat menempelkan kompres dingin di pangkal hidung.

Baca juga: Warna Ingus dan Artinya pada Kesehatan Anda

Kapan perlu waspada saat ingus bercampur darah?

Ingus bercampur darah umumnya bukan kondisi berbahaya yang perlu perhatian medis segera. Mengutip OSF Health Care, selama jumlah darah yang tercampur dengan lendir di hidung relatif sedikit, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Tapi, Anda sebaiknya waspada dan segera memeriksa diri ke dokter jika mendapati beberapa kondisi berikut: 

  • Pendarahan terus-menerus dan tidak kunjung berhenti
  • Sering mimisan meskipun udara tidak sedang kering, tidak berada di ketinggian, atau tanpa sebab jelas
  • Keluarnya ingus bercampur darah disertai gejala lainnya. 

Setelah mengetahui penjelasan kenapa ingus berdarah di atas, Anda jangan buru-buru panik ketika mendapati kondisi ini. Namun, jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter jika mendapati tanda bahaya ingus bercampur darah di atas. 

Baca juga: Kenapa Ingus Keluar Terus-menerus? Ketahui 12 Penyebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com