Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Telur Bisa Dikonsumsi Penderita Asam Urat?

Kompas.com - 30/09/2023, 07:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Penderita asam urat perlu membatasi makanan tinggi purin agar penyakitnya tidak kambuh. Pasalnya, jika asam urat kambuh, seseorang dapat merasakan nyeri hebat dan pembengkakan di area persendian.

Hal ini lantas membuat beberapa orang bertanya, apakah telur bisa dikonsumsi penderita asam urat? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Apa itu Kristal Asam Urat, Bentuk, dan Letaknya di Persendian

Apakah telur bisa dikonsumsi penderita asam urat?

Penderita gout umumnya diminta untuk membatasi makanan tinggi purin, seperti aneka jeroan, daging merah, daging olahan, makanan manis, seafood, minuman beralkohol, hingga gorengan.

Akan tetapi, penderita gout masih diperbolehkan mengonsumsi telur dalam menu hariannya.

Dikutip dari Verywell Health, telur merupakan salah satu makanan yang aman dan baik bagi penderita asam urat.

Menurut sebuah studi pada 2019, telur, susu, dan buah-buahan memiliki jumlah purin terendah, sehingga aman dijadikan menu bagi penderita asam urat.

Selain itu, telur adalah sumber protein lengkap yang berarti mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh manusia.

Telur juga memiliki kandungan lemak, vitamin dan mineral penting seperti kalium, fosfor, kalsium, vitamin A, dan vitamin D.

Vitamin D yang terkandung pada telur memiliki manfaat untuk menyerap kalsium dan fosfor, sejumlah studi menunjukkan khasiatnya mengurangi keluhan nyeri sendi, sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Baca juga: Kompres Dingin atau Panas, Mana yang Lebih Baik untuk Mengatasi Asam Urat?

Akan tetapi jika Anda memiliki alergi, Anda sebaiknya menghindari telur utuh atau makanan yang dimasak dengan mencampurkan telur ke dalamnya.

Alergi telur bisa ditunjukkan dengan gangguan kesehatan, sepeti mual muntah, sakit perut, atau gatal-gatal intens setelah mengonsumsi makanan ini.

Jika Anda alergi telur ayam, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi apakah boleh mengonsumsi telur bebek, angsa, atau burung puyuh sebagai menu harian.

Bagaimana cara mengolah telur untuk dikonsumsi penderita asam urat?

Anda dapat mengolah telur dengan cara direbus, dikukus atau ditumis. Hindari menggoreng telur karena bisa menaikkan kadar kolesterol pada makanan ini.

Kemudian Anda dapat memadukan telur untuk penderita asam urat dengan makanan rendah purin lainnya, seperti:

  • Produk susu rendah lemak (susu, keju, yogurt)
  • Buah ceri
  • Kentang
  • Sayuran hijau
  • Roti
  • Makanan mengandung lemak sehat, seperti minyak zaitun dan alpukat
  • Kacang-kacangan.

Baca juga: Kunyit Bisa Jadi Obat Asam Urat, Begini Cara Memanfaatkannya

Telur dapat dijadikan menu makanan penderita asam urat karena rendah purin dan mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh.

Meski demikian, Anda perlu mengolah telur dengan benar yaitu menghindari menggoreng karena bisa menambah kandungan kolesterolnya.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan memadukan telur dengan makanan tinggi purin, seperti daging-dagingan atau menumisnya dengan udang dan kerang.

Batas konsumsi telur tiap penderita asam urat mungkin berbeda-beda, karena itu Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui porsi makan telur yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com