Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Perawatan Flu Singapura yang Tepat untuk Ringankan Gejala Penyakit

Kompas.com - 03/10/2023, 06:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penderita flu singapura perlu diberikan perawatan yang tepat. Dengan begitu, penyakit ini tidak gampang menular dan komplikasi penyakit parah bisa dicegah. 

Perlu diketahui, flu Singapura adalah penyakit menular yang umumnya disebabkan infeksi virus coxsackievirus dan human entero-virus 71 (HEV 71).

Penyakit yang dikenal dengan hand, foot, and mouth disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut ini jamak menyerang anak-anak. Tapi, tidak menutup kemungkinan orang dewasa terkena masalah kesehatan ini. 

Untuk lebih jelasnya, kenali beberapa perawatan flu singapura yang tepat agar penyakit tak gampang menular dan cepat sembuh. 

Baca juga: 8 Cara Mengobati Flu Singapura untuk Meringankan Gejala Penyakit

Perawatan flu singapura

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), hingga kini tidak ada pengobatan flu singapura secara khusus. Pengobatan penyakit ini bertujuan untuk meringankan gejala penyakit.

Perlu diingat juga, karena flu singapura disebabkan oleh virus, maka perawatan flu singapura tidak membutuhkan obat antibiotik.

Namun, di beberapa kasus dokter meresepkan obat ini untuk mengantisipasi atau mengatasi infeksi sekunder karena bakteri akibat flu singapura. 

Mengutip American Academy of Dermatology Association, berikut ini beberapa perawatan flu singapura sesuai dengan gejala yang muncul:

  • Menurunkan demam

Cara mengatasi demam yang muncul saat menderita flu singapura yaitu dengan memberikan obat penghilang rasa sakit sekaligus penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen.

Perlu diingat, hindari sembarangan memberikan aspirin kepada anak, karena obat ini dapat menyebabkan sindrom Reyes, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan hati.

Selain obat, Anda juga dapat memberikan kompres hangat dan memberikan banyak minum untuk membantu menurunkan demam.

  • Merawat luka lepuh

Gejala flu singapura juga ditandai dengan munculnya luka lepuh di beberapa area tubuh, seperti area mulut, kaki, dan tangan.

Selama luka lepuh di mulut belum sembuh, hindari makan makanan apa pun yang pedas atau asam karena makanan tersebut membuat luka di mulut semakin terasa sakit.

Selain itu, bagi penderita flu singapura yang sudah dewasa, gunakan obat kumur non-alkohol untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan lepuh di bagian dalam mulut.

  • Mencegah dehidrasi

Seseorang yang menderita flu singapura tentu akan mengalami kesulitan makan dan minum, karena luka lepuh yang muncul di area mulut. Tapi, pastikan penderita cukup minum untuk mencegah dehidrasi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com