Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahaya Terlalu Sering Olahraga Tanpa Istirahat yang Cukup

Kompas.com - 08/11/2023, 06:01 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Namun, saat berolahraga setiap hari tanpa memberikan waktu tubuh Anda untuk pemulihan yang memadai, Anda dapat menghadapi risiko serius bagi kesehatan Anda.

Melansir laman Mayo Clinic, berolahraga terlalu sering dan tanpa pemulihan yang memadai dapat meningkatkan risiko cedera, seperti cedera otot dan sendi, serta dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

Selain itu, olahraga berlebihan tanpa istirahat yang cukup dapat menyebabkan kelelahan kronis, gangguan tidur, dan bahkan berpotensi merusak sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 5 Penyebab Serangan Jantung Saat Olahraga dan Cara Mencegahnya

Bahaya terlalu sering olahraga tanpa istirahat cukup

Olahraga memang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Namun jika dilakukan terlalu sering tanpa istirahat yang memadai, hal ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Melansir laman Medical News Today, berikut berbagai bahaya terlalu sering olahraga tanpa istirahat cukup untuk kesehatan:

  • Risiko Cedera

Berolahraga setiap hari tanpa istirahat yang cukup dapat meningkatkan risiko cedera.

Ketika otot dan jaringan tubuh Anda tidak memiliki waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri, Anda rentan terhadap cedera otot, sendi, atau bahkan cedera serius seperti retak tulang.

  • Hormon tidak seimbang

Olahraga yang terlalu intens dan berulang tanpa waktu istirahat yang cukup dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan.

Salah satu efeknya, siklus menstruasi pada wanita bisa terganggu, mengurangi kadar hormon seks seperti testosteron, dan bahkan menyebabkan masalah dengan hormon tiroid.

Baca juga: Bolehkah Olahraga Jalan Kaki Malam Hari? Berikut Penjelasannya…

  • Sistem kekebalan tubuh melemah

Olahraga yang berlebihan tanpa istirahat yang cukup dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga Anda lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Hal ini terutama terjadi ketika tubuh Anda berada dalam kondisi kronis stres akibat latihan berlebihan.

  • Gangguan makan

Beberapa individu yang berolahraga setiap hari tanpa istirahat yang cukup mungkin mengalami gangguan makan, terutama jika tujuan mereka adalah penurunan berat badan.

Gangguan makan seperti anoreksia athletica atau ortoreksia dapat mengancam kesehatan dan kesejahteraan individu.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

  • Overtraining syndrome

Salah satu bahaya utama dari berolahraga setiap hari tanpa masa pemulihan yang cukup adalah overtraining syndrome (OTS).

OTS adalah kondisi di mana tubuh Anda mengalami stres yang berlebihan akibat latihan yang berlebihan tanpa waktu istirahat yang cukup.

Hal ini bisa memicu beberapa gejala, seperti rentan cedera, perubahan emosi, kelelahan kronis, dan penurunan performa fisik.

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan waktu istirahat untuk memberikan tubuh Anda waktu yang cukup untuk pemulihan antara sesi latihan yang intens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com