Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perbedaan Bintik Merah DBD dan Biang Keringat

Kompas.com - 11/11/2023, 06:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demam berdarah (DBD) dan biang keringat (keringat buntet) adalah masalah kesehatan yang sama-sama ditandai dengan munculnya bintik merah di tubuh.

Meskipun gejala bintik merah kedua penyakit ini sekilas mirip, ada beberapa perbedaan bintik merah DBD dan biang keringat. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui bedanya

Baca juga: 4 Ciri-ciri Bintik Merah Demam Berdarah (DBD)

Perbedaan bintik merah DBD dan biang keringat

Perbedaan bintik merah DBD dan biang keringat dapat dilihat dari area bintik merah di tubuh, bentuk bintik merah, munculnya efek rasa gatal, penyebab, dan cara mengobatinya. Berikut penjelasannya:

  • Area bintik merah

Melansir DermNetNZ, cara membedakan bintik merah DBD atau bukan salah satunya bisa dengan melihat area bintik merah yang muncul di tubuh.

Untuk diketahui, bintik merah DBD akan muncul sekitar 3-4 hari setelah penderitanya mengalami demam. Munculnya bintik merah ini terjadi hampir diseluruh area tubuh.

Sedangkan, bintik merah pada miliaria atau biang keringat pada anak umumnya muncul di batang tubuh, lipatan kulit leher, serta aksila atau selangkangan.

Lalu, pada orang dewasa, miliaria sering mempengaruhi area batang tubuh bagian atas, kulit kepala, leher, atau area tubuh yang sering bergesekan dengan pakaian.

Baca juga: 3 Ciri-ciri Bintik Merah Gejala Flu Singapura

  • Bentuk bintik merah

Melansir Sitaram Bhartia Institute of Science and Research, ciri ciri bintik merah DBD bisa dikenali dari bentuknya yang tampak tertanam di bawah kulit, tidak terlalu menonjol, dan saat di tekan bintik ini tidak akan memudar.

Sedangkan, bintik merah pada biang keringat terkadang membengkak, terasa hangat saat diraba, dan terkadang terdapat lepuh berisi nanah.

  • Efek rasa gatal

Perbedaan bintik merah DBD dan biang keringat selanjutnya dapat dilihat dari efek gatal yang menyertai gejalanya.

Dapat diketahui, bintik merah yang muncul saat demam berdarah terkadang bisa terasa gatal.

Anda mungkin juga merasakan peningkatan sensitivitas kulit bersamaan dengan pembengkakan telapak tangan atau telapak kaki saat bintik merah ini muncul.

Sedangkan, bintik merah pada biang keringat terasa sangat gatal disertai dengan nyeri, seperti dicubit atau ditusuk-tusuk sehingga membuat penderitanya tidak nyaman. Namun jangan khawatir, kondisi ini tidak berbahaya.

  • Cara mengobati

Melansir Healthdirect, bintik merah yang terbentuk akibat DBD tidak memiliki obat khusus untuk menyembuhkan gejala ini. Perawatan dilakukan untuk meringankan gejala penyakit. 

Cara terbaik untuk merawat kulit gatal dan terkelupas akibat ruam DBD adalah dengan menggunakan krim pelembab kulit yang menenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com