Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Haid Tidak Teratur? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 14/11/2023, 06:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian wanita terkadang merasakan siklus haid tidak menentu atau tidak teratur. Kondisi ini tentunya membuat wanita bertanya-tanya, mengapa haid tidak teratur?

Perlu diketahui, rata-rata wanita akan mengalami menstruasi setiap 24 hingga 38 hari sekali. Setiap periode haid biasanya berlangsung sekitar 2 hingga 8 hari.

Dinukil dari WebMd, wanita dapat dikatakan memiliki siklus haid tidak teratur jika waktu antara setiap periode berubah-ubah, jumlah darah yang keluar lebih banyak atau sedikit dibanding biasanya, atau durasi menstruasi lebih lama atau pendek dari biasanya.

Tentunya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui alasan mengapa haid tidak teratur beserta cara melancarkan haid, Anda dapat menyimak penjelasannya lewat artikel di bawah ini. 

Baca juga: Diabetes Bisa Jadi Penyebab Haid Tidak Teratur, Kok Bisa?

Mengapa haid tidak teratur?

Penyebab haid tidak teratur dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk kondisi dan penyakit tertentu. Disarikan dari Cleveland Clinic dan Medical News Today, berikut beberapa di antaranya:

  • Endometriosis

Penyebab mengapa haid tidak teratur salah satunya karena penyakit endometriosis. Penyakit ini terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh di luar rahim.

Jaringan tersebut dapat menempel pada ovarium atau saluran tuba sehingga menyebabkan pendarahan abnormal, kram atau nyeri hebat sebelum dan selama menstruasi.

  • Penyakit radang panggul

Penyebab selanjutnya adalah penyakit radang panggul yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi wanita.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) yang tidak diobati. Kuman atau bakteri bisa masuk ke vagina dan menyebar ke rahim dan saluran reproduksi bagian atas.

Gejala radang panggul yang kerap muncul termasuk keputihan berlebihan dengan bau tak sedap, menstruasi tidak teratur, dan nyeri panggul.

Baca juga: 5 Gejala PCOS pada Remaja, Waspadai Haid Tidak Teratur

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS adalah penyakit yang membuat ovarium menghasilkan hormon androgen dalam jumlah besar.

Hormon ini dapat mencegah atau menunda ovulasi, sehingga menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. PCOS juga dapat membuat menstruasi berhenti sepenuhnya.

  • Gangguan tiroid atau kelenjar pituitari

Penyebab haid tidak teratur berikutnya adalah gangguan tiroid.

Hipotiroid (tiroid kurang aktif) atau hipertiroid (tiroid terlalu aktif) adalah penyakit gangguan tiroid yang turut memengaruhi hormon, termasuk yang mengendalikan haid.

  • Kanker rahim atau kanker ovarium

Kanker tertentu seperti kanker rahim dan kanker ovarium juga dapat mempengaruhi periode menstruasi seseorang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com