Kompas.com - 13/08/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Poly-cystic ovarian syndrome atau PCOS adalah gangguan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kista kecil-kecil bermunculan di ovarium atau indung telur.

Penyakit yang dikenal dengan sindrom polikistik ovarium ini bisa menyerang wanita usia produktif atau subur, termasuk kalangan remaja.

Menurut Children’sHealth, hampir satu dari sepuluh remaja wanita mengalami PCOS.

Baca juga: Kenali Apa itu PCOS dan Cara Mengatasinya

Penyakit ini tak hanya menyebabkan gangguan kesuburan, tapi juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes mellitus.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada gangguan kesehatan reproduksi ini, kenali beberapa gejala PCOS pada remaja.

Gejala PCOS pada remaja

Ada beberapa ciri-ciri PCOS pada remaja yang pantang disepelekan, antara lain:

  • Haid tidak teratur

Di awal-mendapatkan haid pertama, siklus haid remaja biasanya belum rutin. Kondisi ini biasanya berlangsung selama dua tahun. Lalu, siklus haid lebih teratur. Remaja perlu waspada jika siklus haidnya tidak beraturan. Seperti tidak haid dalam sebulan atau haid dua kali lebih sebulan.

  • Jerawat parah dan kronis

Remaja memang rentan mengembangkan jerawat. Tapi, biasanya masalah kulit ini bisa disembuhkan dengan perawatan atau skincare tepat. Perubahan hormon terkait PCOS menyebabkan jerawat parah dan susah disembuhkan atau kronis.

Baca juga: 4 Cara Mencegah PCOS, Wanita Perlu Tahu

  • Beberapa bagian tubuh terlihat lebih gelap

Perubahan hormon terkait PCOS juga bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh terlihat lebih gelap dari biasanya. Di antaranya bagian belakang leher, ketiak, atau di antara kedua payudara.

  • Rambut botak atau bermunculan di bagian tubuh yang tidak biasa

Dilansir Kid’sHealth, gejala PCOS juga bisa menyebabkan rambut tumbuh di beberapa bagian tubuh yang tidak biasa. Seperti wajah, dada, atau perut. Selain itu, ada juga penderita yang mengalami kebotakan rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.