Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Tak Bertenaga dengan Cepat

Kompas.com - 22/11/2023, 13:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seseorang mungkin merasa kesal saat badannya terasa lemas dan tidak bertenaga, sementara memiliki banyak pekerjaan yang perlu segera diselesaikan. 

Untuk mengatasi badan lemas dan tak bertenaga, Kamu dapat mengonsumsi air putih, istirahat cukup, dan rutin berolahraga. 

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengatasi badan lemas dan tak bertenaga, simak terlebih dahulu beberapa penyebab kondisi tersebut.

Baca juga: 10 Penyebab Badan Lemas dan Mengantuk Terus

Apa penyebab badan lemas dan tak bertenaga?

Dilansir dari Medical News Today, badan lemas dan tak bertenaga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk akibat konsumsi makanan tinggi gula dan lemak jenuh yang mengakibatkan lonjakan energi singkat diikuti perasaan lelah.

Selain pola makan, kualitas tidur yang buruk juga bisa membuat Kamu merasa lemas dan tak bertenaga sepanjang hari.

Pasalnya, pola tidur yang tidak berkualitas dapat mengganggu fungsi kognitif dan menguras energi tubuh.

Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan kelelahan, mengaktifkan respons tubuh terhadap tekanan yang berkepanjangan.

Kondisi medis tertentu, seperti anemia, gangguan tiroid, atau diabetes, juga dapat menjadi penyebab badan lemas dan tak bertenaga.

Oleh karena itu, mengatasi penyebab-penyebab ini dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca juga: Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas Gejala Penyakit Apa?

Bagaimana cara mengatasi badan lemas dan tak bertenaga?

Badan lemas dan bertenaga hanya akan membuat kita merasa tak mampu untuk menyelesaikan pekerjaan dan melakukan aktivitas apapun. Pada akhirnya, kita hanya bisa menghabiskan waktu rebahan di kasur.

Disarikan dari laman Health, berikut cara cepat mengatasi badan lemas dan tak bertenaga:

  • Minum air secukupnya

Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum air cukup setiap hari. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, jadi pastikan tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup.

  • Konsumsi makanan bergizi

Fokus pada makanan yang kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein. Hindari makanan tinggi gula dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan lonjakan energi yang singkat.

  • Istirahat cukup

Prioritaskan waktu tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam. Tidur yang cukup membantu memulihkan energi dan memperbaiki fungsi tubuh secara keseluruhan.

  • Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga

Lakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan atau melakukan latihan yang disukai. Ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi energi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com