Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bakteri Mycoplasma Pneumoniae, Kuman Penyebab Pneumonia

Kompas.com - Diperbarui 05/12/2023, 21:19 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bakteri Mycoplasma pneumoniae adalah salah satu jenis kuman penyebab pneumoniae yang kerap menyerang.

Melansir Healthline, bakteri Mycoplasma pneumoniae adalah salah satu bakteri yang paling dikenal dari semua patogen manusia, dengan lebih dari 200 spesies yang berbeda.

Bakteri ini dapat menginfeksi siapa saja tanpa mengenal umur, tapi lebih sering menyerang bayi, anak-anak, atau orang dewasa yang daya tahan tubuhnya lemah.

Infeksi Mycoplasma pneumoniae biasa terjadi secara sporadis sepanjang tahun, sehingga bisa meluas melalui wabah komunitas yang dapat terjadi setiap 3 hingga 7 tahun.

Untuk lebih jelasnya mengenali bakteri Mycoplasma pneumoniae, simak penjelasannya melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Kemenkes: Ada Laporan Kasus Pneumonia akibat Mycoplasma Pneumoniae

Apa itu bakteri Mycoplasma pneumoniae?

Melansir Central for Disease Control and Prevention (CDC), MP atau Mycoplasma pneumoniae adalah bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dengan cara merusak lapisan sistem pernapasan meliputi hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Seseorang dapat terinfeksi bakteri ini di bagian hidung atau tenggorokan tanpa merasakan gejala sakit.

Untuk itu, infeksi bakteri ini kerap dikenal dengan pneumonia berjalan karena terkadang gejalanya cukup ringan dan penderita tidak memerlukan perawatan medis di rumah sakit.  

Meskipun relatif ringan, tapi bakteri ini termasuk salah satu penyebab terbanyak kasus pneumonia yang menyerang masyarakat.

Selain itu, terkadang infeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae pada orang dengan daya tahan tubuh lemah atau lansia bisa menyebabkan komplikasi parah, seperti ensefalitis, gangguan ginjal, atau anemia hemolitik.

Selain menjadi penyebab pneumonia, bakteri MP juga dapat menimbulkan penyakit trakeobronkitis, sakit tenggorokan, dan infeksi telinga tengah.

Baca juga: Kenali Kasus Pneumonia pada Anak di China yang Melonjak

Baca juga: Kemenkes Siapkan Jejaring untuk Ukur Penyebaran Mycoplasma Pneumoniae

Penularan Mycoplasma pneumoniae penyebab pneumonia

Melansir Central For Health Protection, bakteri Mycoplasma pneumoniae dapat menulari dari orang ke orang melalui percikan cairan dari saluran pernapasan (droplet) ketika penderita batuk atau bersin.

Bakteri ini juga dapat disebarkan melalui kontak langsung dengan lendir dari hidung, dahak dari tenggorokan orang yang terinfeksi, atau secara tidak langsung melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi droplet penderita.

Ketika penderita batuk atau bersin, percikan cairan pernapasan tersebut akan mengandung bakteri Mycoplasma pneumoniae, sehingga orang lain dapat terinfeksi saat menghirup tetesan tersebut.

Begitu berada di dalam tubuh, bakteri dapat menempel pada jaringan paru-paru dan berkembang biak sampai infeksi berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com