Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2023, 14:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Mycoplasma pneumoniae disebut sebagai salah satu pemicu meningkatnya kasus pneumonia pada anak di China.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa peningkatan jumlah kasus "undiagnosed pneumonia" yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae di China merupakan informasi yang perlu dicermati, diwaspadai, dan ditindaklanjuti.

Namun, IDAI menghimbau kasus pneumonia di China tersebut tidak perlu menimbulkan kepanikan di masyarakat Indonesia.

Baca juga: 4 Gejala Pneumonia karena Mycoplasma pneumoniae dan Cara Mengobatinya

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Piprim Basarah Yanuarso SpA(K) menyampaikan bahwa saat ini belum ada data resmi dari Kementerian Kesehatan RI mengenai kasus pneumonia akibat Mycoplasma pneumoniae di Indonesia.

Sementara, pelacakan kuman penyebab pneumonia pada anak di Indonesia belum rutin dilakukan, kecuali virus influenza.

"Sehingga belum ada data pasti apakah terjadi peningkatan jumlah kasus pneumonia akibat Mycoplasma pneumoniae pada anak di Indonesia," kata Dr Piprim Basarah yanuarso, SpA(K), seperti yang dikutip dari rilis IDAI pada Sabtu (2/12/2023).

Baca juga: Mengenal Mycoplasma pneumoniae, Bakteri Penyebab Pneumonia

Ia kemudian mengatakan bahwa surveilans infeksi sistem pernapasan pada anak, termasuk pneumonia, di Indonesia perlu lebih ditingkatkan.

Itu meliputi peningkatan fasilitas dari pemerintah untuk pengadaan fasilitas pemeriksaanaagar diketahui kuman penyebab pneumonia pada anak, termasuk Streptococcus pneumonia, RSV, Mycoplasma pneumoniae, atau lain-lain.

"Rumah Sakit, klinik dan Puskesmas di Indonesia perlu melakukan analisis data jumlah pasien atau kunjungan dan kematian akibat infeksi saluran pernapasan atau pneumonia dari waktu ke waktu, baik pasien rawat inap, rawat jalan, maupun instalasi gawat darurat, agar dapat dilaporkan dan dilakukan antisipasi dini, jika ditemukan adanya peningkatan jumlah kasus yang signifikan," imbuhnya.

Baca juga: Apakah Pneumonia Bisa Berakibat Fatal? Ini Penjelasannya...

Apa itu Mycoplasma pneumoniae?

Pada awal November 2023, China melaporkan adanya peningkatan jumlah pasien dengan infeksi saluran pernapasan.

Pada akhir November 2023, dilaporkan adanya kluster dengan “undiagnosed pneumonia” pada anak di China Utara, yang belum jelas apakah kejadian ini berhubungan dengan peningkatan kasus infeksi sistem pernapasan yang dilaporkan sebelumnya, atau merupakan kejadian yang terpisah.

Laporan dari China tersebut mengidentifikasi beberapa bakteri dan virus penyebab pneumonia pada anak tersebut, yaitu Mycoplasma pneumoniae, influenza, respiratory syncytial virus (RSV), dan SARS COV-2.

Namun, tidak ada informasi terkait derajat keparahan penyakit dan angka kematian akibat penyakit tersebut.

Baca juga: Sedang Melonjak di China, Ini 8 Cara Mudah Mencegah Pneumonia

Untuk diketahui bahwa pneumonia adalah radang pada paru-paru yang sering dijumpai pada anak. Penyakit ini juga merupakan penyebab kematian tersering pada anak balita di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Bakteri penyebab pneumonia antara lain, Streptococcus pneumonia, Hemophyllus influenza, Mycoplasma pneumonia, dan lain-lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com