Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Buang Air Besar Terus-menerus seperti Air

Kompas.com - 11/12/2023, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Buang air besar terus-menerus yang seperti air atau BAB cair dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk makanan atau obat-obatan yang dikonsumsi.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi yang akan memicu masalah kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit ginjal.

Anda yang mengalami BAB cair diimbau untuk minum air putih dan mengonsumsi makanan yang dapat membuat feses lebih keras, seperti nasi putih dan kentang.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara mengatasi buang air besar terus-menerus seperti air serta penyebabnya berikut ini.

Baca juga: Benarkah Makan Keju Terlalu Banyak Sebabkan Konstipasi? Ini Faktanya

Cara mengatasi buang air besar terus-menerus seperti air

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dan perawatan khusus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang dirasakan.

Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa cara mengatasi air besar terus-menerus seperti air yang bisa dicoba, seperti:

  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh, baik dari air putih, kuah sup, dan jus, serta menghindari konsumsi kafein dan minuman beralkohol
  • Mengonsumsi makanan yang setengah padat dan mengandung serat rendah secara bertahap hingga kondisi pencernaan membaik, seperti telur, nasi, atau ayam
  • Menghindari konsumsi makanan tertentu dalam beberapa hari, seperti makanan dari olahan susu, makanan berlemak, dan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi
  • Mengonsumsi obat diare, namun hindari memberikannya pada anak-anak sebelum berkonsultasi dengan dokter
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan, seperti yogurt

Meskipun umumnya dapat sembuh sendiri, Anda tetap diimbau untuk mencari bantuan medis ketika kondisi yang dialami bertambah buruk atau tidak kunjung membaik dalam beberapa hari.

Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan obat atau perawatan medis lainnya yang diperlukan sesuai dengan kondisi yang dialami.

Baca juga: BAB Jongkok atau Duduk, Mana yang Lebih Sehat?

Penyebab buang air besar terus-menerus seperti air

BAB cair dapat dialami oleh siapa saja dan orang dewasa umumnya akan mengalami kondisi ini setidaknya sekali dalam setahun.

Melansir Cleveland Clinic, penyebab buang air besar terus-menerus seperti air umumnya adalah virus yang menyerang usus.

Namun selain itu, ada beberapa penyebab BAB cair lainnya yang kerap dialami, seperti:

  • Infeksi patogen, seperti virus, bakteri, dan parasit
  • Konsumsi makanan yang terkontaminasi dengan racun atau patogen, khususnya di lingkungan baru dengan sanitasi atau kebersihan yang buruk
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti jenis antibiotik yang dapat membunuh bakteri jahat, namun dapat membunuh bakteri baik juga
  • Penyakit tertentu yang memicu terjadinya iritasi dan inflamasi pada usus besar, seperti penyakit Crohn, kolitis ulseratif, dan sindrom iritasi usus besar (IBS)
  • Prosedur kesehatan, seperti operasi pada usus besar, sehingga memicu gangguan penyerapan nutrisi pada usus saluran pencernaan

Kondisi yang dialami ini umumnya bukan merupakan masalah medis yang serius dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Namun, BAB cair yang berlangsung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan dehidrasi yang juga akan memicu masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gagal ginjal, stroke, serangan jantung, atau bahkan kematian.

Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi buang air besar terus-menerus seperti air di atas untuk mengurangi gejala yang dialami.

Baca juga: 24 Penyebab Sembelit Susah BAB dan Cara Mengatasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com