Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2023, 06:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siklus menstruasi setiap wanita bisa bervariasi. Beberapa orang bisa mengalami haid tidak lancar dan keluar sedikit.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Ada beberapa cara agar haid lancar dan keluar banyak yang bisa dilakukan.

Sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui dulu penyebab haid tidak lancar dan keluar sedikit melalui artikel berikut ini.

Baca juga: 7 Buah Pelancar Haid yang Perlu Diketahui Para Wanita

Penyebab haid tidak lancar dan keluar sedikit

Penyebab haid tidak lancar dan sedikit dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari perubahan hormon, gaya hidup, sampai penyakit. Berikut beberapa di antaranya:

  • Perubahan hormon

Dilansir dari WebMd, perubahan tingkat hormon estrogen dan progesteron dapat mengganggu siklus menstruasi. Umumnya hal ini dialami remaja yang pubertas dan wanita yang mendekati menopause. Kondisi ini juga bisa dialami yang mengalami masalah hormon reproduksi.

  • Penyakit tiroid

Melansir MedicalNewsToday, tiroid adalah kelenjar fungsinya menghasilkan hormon untuk metabolisme, mengontrol detak jantung, sampai waktu ovulasi dan menstruasi. Penyakit tiroid dapat membuat menstruasi lebih berat, darah haid sedikit, atau berlebihan.

  • Faktor usia

Sedikit banyaknya haid dapat bervariasi jika berada di masa pubertas serta menjelang menopause, yang memicu menstruasi tidak teratur dan lebih sedikit. Hal ini dipengaruhi ketidakseimbangan hormon terkait usia. 

  • Berat badan tidak ideal

Berat badan dan persentase lemak tubuh juga dapat memengaruhi menstruasi. Wanita yang sangat kurus siklus haidnya tidak lancar karena produksi hormon tidak optimal. Selain itu, berat badan berlebih dan naik turun berat badan secara ekstrem juga bisa mengganggu haid.

  • Stres berlebihan

Melansir Healthline, jika Anda mengalami stres berlebihan, produksi hormon reproduksi juga bisa terganggu. Dampaknya, haid tidak lancar atau darah haid hanya keluar sedikit. Namun, setelah pikiran rileks, siklus menstruasi bisa kembali normal.

  • Penyakit pada organ reproduksi 

Gangguan pada organ reproduksi wanita, termasuk miom, endometriosis, kista, tumor, kanker, dan masalah kesehatan lain juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. 

Baca juga: Mengapa Haid Tidak Teratur? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara agar haid lancar dan keluar banyak

Mengingat ada banyak kemungkinan penyebab haid tidak lancar dan keluar sedikit, cara mengatasi masalah ini tentunya perlu disesuaikan dengan akar penyebabnya. 

Namun, secara umum ada beberapa cara agar haid lancar dan keluar banyak yang bisa dijajal wanita, antara lain:

  • Ubah gaya hidup jadi lebih sehat

Kenaikan berat badan berlebih dapat membuat tubuh lebih sulit berovulasi. Tetapi, penurunan berat badan yang ekstrem dan tiba-tiba juga dapat menyebabkan menstruasi yang jarang atau tidak teratur.

Jadi, coba upayakan agar berat badan kembali ideal. Wanita bisa mulai mengatur pola makan yang lebih sehat dengan komposisi gizi lengkap dan seimbang. 

Selain itu, imbangi juga dengan rutin olahraga. Hindari olahraga berlebihan. Cukup olahraga dengan intensitas ringan atau sedang, tapi pastikan rutin minimal seminggu lima kali.

Baca juga: 10 Penyebab Darah Haid Sedikit, Bisa Faktor Usia sampai Penyakit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com