Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Obat Biang Keringat Alami, Ada Lidah Buaya dan Mentimun

Kompas.com - 24/12/2023, 12:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biang keringat adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap mengganggu kenyamanan sehari-hari. 

Tapi jangan khawatir, beberapa bahan bisa digunakan untuk obat biang keringat alami untuk membantu mengatasi masalah kulit yang kerap muncul saat cuaca panas dan lembap ini. 

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Biang Keringat Secara Alami

Perlu diketahui, penyakit yang juga dikenal dengan keringat buntet ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. 

Dilansir dari Healthdirect, penyebab biang keringat umumnya karena tubuh terlalu banyak berkeringat, sehingga memicu terjadinya penyumbatan dan peradangan saluran keringat.

Kondisi ini bisa memicu munculnya bintik-bintik merah, ruam, hingga lepuh kecil di tempat-tempat keringat terkumpul, seperti ketiak, punggung, di bawah payudara, dada, lipatan siku, selangkangan, bagian belakang lutut, atau pinggang.

Walaupun tidak berbahaya, biang keringat yang tak kunjung dirawat dengan tepat bisa lebih parah dan terkadang terjadi infeksi. 

Untuk membantu mengatasi kondisi ini, Anda dapat mengenali beberapa obat alami biang keringat yang bisa Anda jajal melalui artikel berikut.

Baca juga: 6 Pantangan Biang Keringat dan Perawatannya yang Tepat

Obat biang keringat alami

Berikut ini beberapa obat biang keringat alami yang bisa Anda jajal di rumah untuk membantu merawat kulit agar lekas sembuh:

  • Kayu cendana

Melansir Healthline, bubuk kayu cendana memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit nyeri dan tidak nyaman akibat biang keringat.

Cara menghilangkan biang keringat dengan kayu cendana bisa dengan mencampurkan dua sendok bubuk bahan alami ini dengan satu sendok air. Lalu oleskan ke kulit yang ruam.

  • Soda kue

Soda kue atau natrium bikarbonat bisa membantu menenangkan kulit gatal, sehingga cocok untuk pengobatan alami biang keringat.

Tambahkan tiga sampai lima sendok makan soda kue ke dalam bak mandi berisi air hangat atau suam-suam kuku. Lalu rendam bagian tubuh yang mengalami keringat buntet sekitar 20 menit.

  • Oatmeal

Oatmeal juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan akibat biang keringat.

Anda dapat menggunakan 1 atau 2 cangkir oatmeal, lalu campurkan ke air hangat. Gunakan untuk merendam biang keringat selama 20 menit.

  • Garam epsom

Garam epsom (magnesium sulfat) memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya  meredakan rasa gatal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com