Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Minum Kopi Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi?

Kompas.com - 16/01/2024, 16:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Kopi adalah minuman yang bisa mencegah kantuk, meningkatkan kewaspadaan, dan mengurangi peradangan. Namun, minuman ini sering kali disebut sebagai penyebab tekanan darah tinggi karena meningkatkan denyut jantung.

Menurut penelitian, efek minum kopi memang bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang singkat.

Lantas, apakah minum kopi menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Mencegah Stroke? Berikut Penjelasannya...

Apakah minum kopi menyebabkan tekanan darah tinggi?

Dilansir dari Mayo Clinic, minum kopi memang bisa menjadi salah satu faktor pemicu kenaikan tekanan darah. Namun, hanya bersifat sementara dan biasanya tidak menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kafein yang terkandung pada kopi bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah sesaat setelah Anda menghabiskan secangkir minuman tersebut.

Menurut sederet penelitian, kafein dapat mencegah hormon yang membantu menjaga arteri tetap terbuka lebar.

Penelitian lain menyatakan, kafein menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi hormon epinerafin atau adrenalin terlalu banyak. Hormon adrenalin inilah yang menyebabkan tekanan darah Anda meningkat.

Dilansir dari Healthline, sebanyak 34 penelitian menunjukkan bahwa 200-300 mg kafein dari 1,5-2 cangkir kopi menghasilkan peningkatan tekanan darah sistolik sebanyak 8 mm/Hg dan diastolik 6 mm/Hg. Kenaikan darah tersebut muncul dalam tiga jam setelah minum kopi.

Namun, kenaikan tekanan darah tidak berlaku bagi orang yang terbiasa minum kopi atau asupan berkafein lain, seperti cokelat dan teh.

Untuk memastikan apakah minum kopi menyebabkan tekanan darah tinggi, Anda bisa melakukan cek tensi sebelum dan sesuah mengonsumsi minuman tersebut atau berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Apakah Penderita Asam Urat Boleh Minum Kopi? Berikut Penjelasannya...

Apakah penderita darah tinggi boleh minum kopi?

Penderita darah tinggi atau hipertensi umumnya masih boleh minum kopi dalam jumlah sedang karena minuman ini tidak memberi pengaruh pada tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Beberapa senyawa bioaktif pada kopi justru menawarkan manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Meski begitu, paparan kafein berlebihan tentu tidak disarankan, terlebih jika Anda sudah menderita hipertensi.

Jadi, penderita darah tinggi berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui berapa banyak kopi yang aman dikonsumsi.

Selain itu, penderita hipertensi sebaiknya tidak minum kopi sebelum melakukan aktivitas yang bisa menaikkan tekanan darah, seperti olahraga atau aktivitas fisik yang berat.

Baca juga: 12 Cara agar Cepat Tidur Setelah Minum Kopi yang Bisa Dijajal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com