Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Pisang Baik untuk Penderita Gula Darah Tinggi?

Kompas.com - 24/01/2024, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Penderita gula darah tinggi perlu memiliki pola makanan bergizi dan seimbang, salah sataunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Namun, apakah pisang baik untuk penderita gula darah tinggi?

Saat seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi, ia perlu menjaga pola makan demi mencegah komplikasi yang membahayakan kesehatan.

Baca juga: Apakah Pisang Baik untuk Penderita Asam Urat? Berikut Penjelasannya...

Buah-buahan dan sayuran termasuk makanan yang sebaiknya dikonsumsi penderita gula darah tinggi. Namun, beberapa orang mungkin perlu membatasi buah tertentu, seperti pisang.

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah pisang baik untuk penderita gula darah tinggi, simak penjelasan berikut.

Apakah pisang baik untuk penderita gula darah tinggi?

Pisang baik untuk penderita gula darah tinggi apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, buah pisang mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah.

Makanan berkarbohidrat dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih cepat dibandingkan asupan nutrisi lainnya.

Pada penderita gula darah tinggi yang tidak mengidap diabetes, kadar insulin akan meningkat seiring bertambahnya gula darah.

Sementara, pada penderita diabetes, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau sel resisten terhadap insulin yang dibuat.

Dilansir dari Healthline, buah pisang berukuran sedang (26 gram) juga memiliki kandungan gula (fruktosa) sebesar 15 gram.

Meski demikian, pisang termasuk makan dengan indeks glikemik (GI) rendah dan sedang atau berkisar antara 42-62, tergantung tingkat kematangannya.

Baca juga: Apakah Pisang Bisa Membuat Tidur Nyenyak? Berikut Penjelasannya…

Makanan dengan GI rendah dianggap baik untuk penderita gula darah tinggi maupun diabetes karena umumnya tidak memicu kenaikan gula darah secara drastis.

Karena itu, penderita gula darah tinggi perlu membatasi konsumsi pisang atau berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk mengetahui porsi yang tepat.

Manfaat pisang untuk penderita gula darah tinggi dan diabetes

Buah pisang memang dapat berkontribusi dalam meningkatkan gula darah. Namun, ada beberapa manfaat pisang untuk penderita gula darah dan diabetes, yaitu:

  • Pisang mengandung banyak serat

Buah pisang kaya akan serat yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Serat pada pisang dapat mengurangi lonjakan gula darah secara keseluruhan dan mengelola diabetes agar tidak bertambah parah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com