Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Pisang Baik untuk Penderita Asam Urat? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 21/01/2024, 12:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Penderita asam urat perlu menjaga pola makan, termasuk dalam memilih buah yang akan dikonsumsi. Kira-kira, apakah pisang baik untuk penderita asam urat?

Dilansir dari Healthline, pisang umumnya aman dikonsumsi penderita asam urat karena rendah purin.

Buah berwarna kuning ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Baca juga: 4 Sayuran Mengandung Purin yang Menyebabkan Kenaikan Asam Urat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu tubuh memecah asam urat sehingga menjadikan buah-buahan seperti pisang sebagai sumber nutrisi yang baik untuk penderita gout. Akan tetapi, buah pisang juga mengandung fruktosa (gula alami yang terdapat pada buah).

Simak lebih lanjut untuk mengetahui apakah pisang termasuk buah yang aman bagi penderita asam urat dan berperan dalam mengatasi gout.

Apakah pisang baik untuk penderita asam urat?

Secara umum, buah pisang baik untuk penderita asam urat. Hal itu karena pisang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah pisang mengandung sekitar 16 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

Kadar vitamin C yang tinggi dapat meningkakan metabolisme asam urat, memecahnya, dan membantu proses pembuangan melalui urine.

Dikutip dari Medical News Today, alasan buah pisang baik untuk penderita asam urat karena kaya akan potasium atau kalium yang penting untuk menjaga fungsi ginjal.

Untuk diketahui, asam urat tinggi bisa mengganggu fungsi ginjal sehingga konsumsi makanan tinggi potasium seperti pisang dapat membantu memelihara organ penting tersebut.

Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah vitamin c, potasium, dan buah pisang bisa membantu mengurangi gejala asam urat.

Baca juga: 6 Penyebab Asam Urat di Usia Muda, Termasuk Obesitas

Selain itu, tiap individu memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap makanan yang dikonsumsi karena beberapa faktor, yaitu:

  • Menu makanan lain yang dikonsumsi bersamaan dengan pisang
  • Kadar asam urat sebelum makan
  • Obat-obatan yang diminum atau perawatan untuk mengatasi asam urat.

Dari faktor di atas, dapat kita ketahui bahwa pisang aman untuk penderita asam urat, tetapi buah ini tetap memiliki kandungan purin dalam jumlah rendah.

Seseorang yang mengonsumsi pisang bersamaan dengan makanan tinggi purin lain, seperti jeroan, daging merah, atau seafood tetap berisiko mengalami kenaikan kadar asam urat.

Makan pisang saat kadar asam urat di dalam tubuh sudah tinggi juga bisa memicu risiko lonjakan uric acid atau serangan gout.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com