Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Peringatan Penyakit Autoimun yang Harus Diwaspadai

Kompas.com - 09/02/2024, 06:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit autoimun terjadi ketika sistem imun tubuh bertindak abnormal.

Mengutip Single Care, tubuh memiliki pertahanan alami untuk melindungi kita dari patogen dan zat asing lainnya melalui sistem imun tubuh.

Sistem kekebalan memicu respons peradangan ketika tubuh mendeteksi kerusakan jaringan, serangan organisme, atau benda asing.

Baca juga: Apakah Penyakit Autoimun Berbahaya? Ini Penjelasannya...

Pembengkakan, kemerahan, dan rasa tidak nyaman, merupakan respons langsung terhadap aktivasi sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi dan membunuh patogen atau zat yang menyerang.

Namun terkadang, sistem kekebalan tubuh secara keliru mengidentifikasi jaringan sehat sebagai benda asing, sehingga diserang. Ini adalah mekanisme yang mendasari penyakit autoimun.

Ada lebih dari 80 penyakit autoimun. Ada yang cukup umum dan ada pula yang sangat jarang, sehingga hanya beberapa ratus orang yang mengidap penyakit ini.

Beberapa penyakit autoimun relatif ringan. Sedangkan, beberapa lainnya membuat tubuh lebih sakit, dan ada juga yang dapat langsung mengancam jiwa, seperti sindrom antifosfolipid yang sangat berbahaya.

Namun, penyakit autoimun adalah kondisi kesehatan umum yang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras, atau etnis.

Baca juga: Apa Penyebab Penyakit Autoimun? Ini Penjelasannya...

Apa saja tanda-tanda peringatan penyakit autoimun?

Apa yang dirasakan atau tampak seperti penyakit autoimun akan bergantung pada bagian tubuh mana yang menjadi sasaran sistem imun abnormal.

Namun dikutip dari Dr. Autoimmune, ada beberapa gejala awal yang umum mengarah pada penyakit autoimun yaitu sebagai berikut:

  • Peradangan kulit

Kulit seringkali menjadi indikator pertama peradangan.

Muncul ruam, kemerahan, gatal, bercak, dan area sensitif yang tidak biasa tanpa alasan jelas dapat menunjukkan adanya peradangan mendasar yang terjadi di tubuh Anda.

Bahkan jerawat pun bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres secara internal.

Meski gejala ini dapat dikaitkan langsung dengan penyakit autoimun, muncul lebih dari dua gejala ini bisa menjadi alasan yang cukup untuk mencurigai adanya masalah pada sistem imun tubuh. Apalagi, jika Anda memiliki kelurga dengan riwayat penyakit ini.

Baca juga: Kenali Apa Itu Penyakit Autoimun dan Ciri-cirinya

  • Sensitivitas terhadap matahari

Sensitivitas terhadap sinar matahari dapat menjadi tanda peringatan yang harus diwaspadai sebagai penyakit autoimun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com