Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jam Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya…

Kompas.com - 23/02/2024, 19:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Berjalan kaki secara teratur ternyata dapat menurunkan berat badan. Namun, berapa jam jalan kaki untuk menurunkan berat badan?

Ternyata, Anda perlu berjalan kaki selama 45-60 menit untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Anda juga dapat membakar kalori dengan lebih besar dengan memperhatikan teknik jalan kaki yang dilakukan, seperti mendaki dan berjalan lebih cepat.

Untuk lebih jelasnya, ketahui lama waktu jalan kaki untuk menurunkan berat badan dan cara yang bisa dilakukan untuk membakar lebih banyak kalori berikut ini.

Baca juga: 10 Manfaat Jalan Kaki 1 Jam Setiap Hari, Termasuk Menyehatkan Sendi

Berapa jam jalan kaki untuk menurunkan berat badan?

Ternyata, Anda diimbau untuk berjalan kaki selama 45-60 menit setiap lima kali dalam seminggu untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Today, jalan kaki selama 45-60 menit setiap lima kali seminggu sudah melebihi waktu yang disarankan untuk menjaga kesehatan secara umum.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda diimbau untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap lima kali seminggu, atau setara dengan 150 menit seminggu.

Berjalan kaki selama 45-60 menit sudah melebihi durasi waktu olahraga yang disarankan sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Anda yang memiliki berat 55 kilogram dan berjalan dengan kaki selama 1 jam dengan kecepatan 3,2 kilometer per jam dapat membakar sebesar 108 kalori.

Meningkatkan kecepatan jalan kaki yang dilakukan akan membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

Namun, Anda dapat membagi durasi jalan kaki yang dilakukan per hari dan melakukannya secara bertahap untuk pemula.

Anda bisa membagi waktu jalan kaki menjadi tiga sesi, yakni 15 menit setelah sarapan, 15 menit setelah makan siang, dan 15 menit setelah makan malam.

Jika sudah terbiasa, Anda bisa mulai meningkatkan durasi waktu dan kecepatan jalan kaki untuk membakar lebih banyak kalori.

Baca juga: Berapa Kali Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan?

Cara memaksimalkan jalan kaki untuk menurunkan berat badan

Berjalan kaki secara rutin dapat menurunkan berat badan. Namun, teknik yang benar akan membantu Anda untuk membakar kalori dengan lebih baik.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa cara memaksimalkan jalan kaki untuk menurunkan berat badan, yakni:

  • Meningkatkan kecepatan jalan kaki, atau jalan cepat
  • Menambah beban, seperti mengenakan rompi pemberat atau weighted vest
  • Memilih jalur yang mendaki, seperti perbukitan, atau menambah incline pada treadmill
  • Menjaga agar posisi dan postur tubuh tetap tegak sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan menambah jarak langkah yang diambil
  • Menggabungkan dengan latihan kekuatan saat melakukan olahraga jalan kaki, seperti squat dan push up
  • Berjalan kaki dengan interval, seperti dengan kecepatan biasa selama lima hingga 10 menit dan jalan cepat selama 10-15 detik
  • Menambah jumlah langkah jalan kaki per hari

Memahami berapa jam jalan kaki untuk menurunkan berat badan sangatlah penting sehingga Anda bisa membakar kalori dengan lebih baik.

Meskipun begitu, Anda yang belum terbiasa perlu melakukan jenis olahraga ini secara bertahap dengan durasi dan kecepatan yang lebih singkat untuk menghindari risiko cedera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com