Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Jalan Kaki Bisa Membuat Badan Kurus? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 18/12/2023, 19:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Berolahraga secara teratur dan memperhatikan pola makan dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Namun, apakah jalan kaki bisa membuat badan kurus?

Ternyata, berjalan kaki 30 menit secara rutin setiap hari dapat membakar banyak kalori yang juga akan berkontribusi pada penurunan berat badan.

Namun, Anda perlu memperhatikan durasi, kecepatan jalan kaki, dan jalur yang dilalui agar berat badan bisa berkurang secara signifikan.

Untuk itu, ketahui penjelasan dan cara menurunkan berat badan secara efektif berikut ini.

Baca juga: Apa Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari? Berikut Penjelasannya…

Apakah jalan kaki bisa membuat badan kurus?

Ternyata, jalan kaki bisa membuat badan kurus.

Dilansir dari Mayo Clinic, berjalan kaki secara rutin setidaknya selama 30 menit sehari dapat membakar sekitar 150 kalori yang juga akan berkontribusi dalam penurunan berat badan.

Namun, jumlah kalori yang dibakar saat berjalan kaki akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti durasi dan intensitas jalan kaki yang dilakukan.

Semakin lama olahraga jalan kaki yang dilakukan dan semakin besar intensitasnya, maka akan semakin banyak kalori yang dibakar.

Baca juga: Berapa Lama Harus Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan?

Cara menurunkan berat badan secara efektif

Menjaga berat badan agar tetap ideal sangatlah penting karena bisa menurunkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain berjalan kaki secara teratur setidaknya selama 30 menit dalam sehari, ada beberapa pola hidup sehat yang perlu dilakukan untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Melansir Medical News Today, berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan secara efektif yang bisa dilakukan.

  • Melakukan diet intermittent fasting

Intermittent fasting adalah jenis diet yang melibatkan periode puasa dan makan dengan jangka waktu yang lebih singkat dalam sehari.

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa melakukan diet intermittent fasting selama 26 minggu dapat menurunkan berat badan secara efektif.

  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur tidak hanya akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari masalah kesehatan yang serius.

Pasalnya, berolahraga secara teratur dapat mendukung perubahan kebiasaan dan meningkatkan motivasi sehingga Anda dapat menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com