Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan?

Kompas.com - 06/02/2024, 19:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Jalan kaki secara rutin dapat membantu untuk membakar lemak. Namun, berapa kali jalan kaki untuk menurunkan berat badan?

Ternyata, Anda perlu berjalan kaki setidaknya selama 50-70 menit setiap tiga kali seminggu untuk menurunkan berat badan.

Namun, berat badan dapat berkurang lebih banyak ketika intensitas dan kecepatan jalan kaki ditingkatkan, serta dibarengi dengan pengaturan pola makan yang baik.

Untuk lebih jelasnya, ketahui frekuensi dan cara jalan kaki untuk menurunkan berat badan berikut ini.

Baca juga: Apakah Jalan Kaki Setiap Hari Bisa Mengecilkan Paha?

Berapa kaki jalan kaki untuk menurunkan berat badan?

Ternyata, Anda perlu berjalan kaki selama 50-70 menit setiap tiga kali seminggu untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Healthline, berjalan kaki selama 50-70 menit setiap tiga kali seminggu yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu akan mengurangi lingkar pinggang dan lemak tubuh.

Bahkan, jalan kaki yang dilakukan selama satu jam setiap lima kali seminggu sudah terbukti dapat mengurangi lingkar pinggang hingga tiga sentimeter.

Artinya, dengan meningkatkan intensitas dan durasi jalan kaki yang dilakukan, berat badan akan berkurang dengan lebih efektif.

Selain membakar kalori, jalan kaki yang dilakukan juga dapat membentuk otot tanpa lemak, atau lean muscle, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih besar meskipun sedang beristirahat.

Anda yang berhasil menurunkan berat badan dengan berjalan kaki tetap diimbau untuk melakukan jenis olahraga ini selama 200 menit dalam seminggu untuk mencegah berat badan naik lagi.

Jalan kaki yang dilakukan juga perlu dibarengi dengan pengaturan pola makan agar berat badan berkurang secara efektif.

Baca juga: Berapa Langkah Minimal Orang Jalan Kaki 1 Hari? Berikut Penjelasanya…

Cara jalan kaki untuk menurunkan berat badan

Olahraga jalan kaki yang dilakukan perlu ditingkatkan intensitasnya untuk membakar kalori dengan lebih baik sehingga berat badan dapat berkurang secara efektif.

Dilansir dari Verywell Fit, ada beberapa cara jalan kaki untuk menurunkan berat badan yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menambah jarak dan durasi jalan kaki yang dilakukan
  • Berjalan dengan lebih cepat
  • Berjalan kaki dengan interval yang berbeda, yakni dengan melakukan jalan cepat dan jalan dengan kecepatan lebih lambat secara bergantian
  • Memilih jalur yang mendaki, seperti perbukitan dan area yang memiliki banyak anak tangga
  • Berjalan kaki dengan walking pole, atau tongkat bantu untuk berjalan, untuk menambah intensitas jalan kaki yang dilakukan
  • Menggabungkan jalan kaki dengan jenis olahraga yang lain, seperti bersepeda dan olahraga aerobik

Memahami berapa kali jalan kaki untuk menurunkan berat badan dapat membantu Anda untuk membakar kalori dengan lebih baik.

Selain jalan kaki, Anda diimbau untuk mengatur pola makan dan melakukan cara jalan kaki yang tepat untuk menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com