Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Beragam Nutrisi Telur dan Manfaatnya untuk MPASI

Kompas.com - 22/03/2024, 21:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Telur termasuk sumber protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, khususnya saat diolah menjadi Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Dilansir dari Antara, Jumat (22/3/2024), ahli gizi masyarakat Dr dr. Tan Shot Yen, M.Hum menjelaskan, telur adalah sumber protein hewani yang memiliki kandungan asam amino lengkap untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Baca juga: 5 Lauk yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Termasuk Telur

Dokter Tan juga menjelaskan bahwa dalam 100 gram sajian protein hewani dari telur ayam atau sekitar dua butir memiliki kandungan lemak sebesar 10,8 gram, kalsium sebesar 86 miligram, fosfor sebanyak 258 miligram, zat besi 3 miligram, lutein, zeaxanthin, dan beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin E, hingga vitamin B4 (kolin).

Lemak pada telur bisa menjadi sumber energi bagi anak yang tengah menjalani MPASI.

Lalu kehadiran zat besi di dalam telur juga penting bagi si kecil untuk membentuk daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Membahas kandungan kalsium dan fosfor dalam telur, keduanya dijelaskan dokter Tan sebagai bahan untuk membangun otot dan tulang yang kuat sehingga nantinya anak bisa memiliki pertumbuhan fisik yang memadai.

Lebih lanjut, ia juga membahas mengenai vitamin B4 atau Kolin yang juga dikenal sebagai kandungan penting untuk mendukung fungsi otak, mendukung kecerdasan anak, dan juga kesehatan hatinya.

Baca juga: 7 Makanan yang Membuat Awet Muda, Termasuk Telur Rebus

Selain dari sisi gizi, telur juga bermanfaat bagi ibu yang tengah menyiapkan MPASI karena di Indonesia ada beragam jenis telur mulai dari telur ayam telur bebek, hingga telur puyuh yang bisa dieksplorasi sebagai sumber pangan.

Tak hanya itu, telur dinilainya sebagai penyelamat di kala anak-anak yang menjalani MPASI sedang dalam fase pertumbuhan gigi, fase gerakan tutup mulut (GTM), dan mengatasi saat anak senang melepeh.

"Telur itu penyelamat saat musim lepeh, lepeh. Karena bisa diolah menjadi sup atau teksturnya dibentuk jadi panjang-panjang seperti untuk telur nasi kuning," kata dokter Tan.

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat telur untuk MPASI. Para ibu bisa memadukan telur dengan sumber protein lain beserta karbohidrat, dan sayuran untuk diolah menjadi aneka menu lezat untuk si kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com