Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dirasakan Saat Kolesterol Tinggi? Berikut Ulasannya...

Kompas.com - 16/05/2024, 10:42 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi (hiperlipidemia) terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah Anda.

Mengutip NHS, penyebab kolesterol tinggi utamanya karena kebiasaan makan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan, merokok, dan minum alkohol.

Masalah kesehatan ini juga bisa diturunkan dalam dalam ikatan keluarga. Kolesterol tinggi karena turunan keluarga disebut juga sebagai hiperkolesterolemia familial.

Memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah Anda. Hal ini membuat Anda lebih mungkin mengalami masalah jantung dan stroke.

Baca juga: Kolesterol Tinggi Bisa Sebabkan Gejala Menopause Berat

Apa yang dirasakan kolesterol tinggi?

Orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya tidak merasakan gejala yang jelas.

Sering kali kondisi ini diketahui setelah melakukan tes darah. Namun, bukan berarti gejala kolesterol tinggi sama sekali tidak bisa muncul.

Dikutip dari Cleveland Clinic, seiring waktu kolesterol yang menumpuk (plak) dapat memperlambat atau menghentikan aliran darah ke jantung atau otak.

Saat itulah Anda bisa merasakan gejala seperti berikut:

  • Nyeri dada saat beraktivitas
  • Nyeri rahang
  • Sesak napas

Baca juga: Tanda-tanda Kolesterol Tinggi pada Mata

Ketika plak kolesterol pecah, darah menuju jantung menggumpal, maka ini membuat seluruh arteri tertutup dan serangan jantung terjadi.

Saat itu terjadi, maka Anda akan mengalami gejala kolesterol tinggi berupa berikut:

  • Nyeri dada yang parah
  • Muka memerah
  • Mual
  • Kesulitan bernapas.

Ini adalah keadaan darurat medis.

Obesitas juga biasa terkait dengan kolesterol tinggi, sehingga penyedia layanan kesehatan umumnya akan segera memeriksa kadar kolesterol Anda, jika Anda memiliki masalah kesehatan.

Baca juga: 5 Tanda-tanda Kolesterol Tinggi pada Wajah dan Mata

Selain itu, apa yang dirasakan saat kolesterol tinggi bisa juga meliputi berikut:

  • Tendon xanthomata, di mana terjadi pembengkakan di buku-buku jari tangan, lutut, atau tendon Achilles di bagian belakang pergelangan kaki Anda, menurut British Heart Foundation.
  • Xanthelasma, yaitu gumpalan kecil kolesterol berwarna kekuningan di dekat sudut dalam mata Anda. Menurut Hindustan Times, sebagian besar kasusnya tidak berbahaya, tetapi keberadaannya dapat mengindikasikan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.
  • Arcus kornea, kondisi di mana muncul cincin berwarna putih atau abu-abu di sekitar iris menuju tepi kornea. Hal ini disebabkan oleh timbunan kolesterol dan mungkin merupakan tanda meningkatnya kadar kolesterol tubuh Anda.

Ketiga gejala kolesterol di atas lebih umum terjadi pada mereka yang memiliki hiperkolesterolemia familial.

Jika Anda marasakan tanda-tanda kolesterol tinggi di atas, terlebih Anda memiliki faktor risikonya, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan pengobatan yang tepat sebelum masalah kesehatan berkembang lebih parah.

Baca juga: Kenali Apa Itu Xanthelasma yang Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com