Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AIMI Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat

Kompas.com - 18/08/2011, 11:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai suatu organisasi yang peduli terhadap keberhasilan pemberian ASI eksklusif, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) kembali membuat suatu gebrakan yakni dengan meluncurkan iklan layanan (ILM) masyarakat tentang ASI.

Menurut Ketua Umum AIMI Mia Sutanto, keinginan untuk membuat iklan layanan masyarakat tersebut memang sudah sejak lama menjadi mimpi AIMI ketika pertama kali dibentuk pada tahun 2007 silam.

"Ini satu-satunya iklan layanan masyarakat yang memang murni 100 persen didanai, didukung, dan dibuat oleh masyarakat sendiri. Jadi, memang selama ini yang sering kita amati terutama di media elektronik, iklan mengenai ASI tidak seimbang dengan iklan susu formula yang jauh lebih banyak," ujarnya di sela-sela Breastfeeding Fair dan peluncuran ILM AIMI di Jakarta, Rabu (17/8/2011).

Mia mengaku, untuk membuat suatu iklan layanan masyarakat bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, dibutuhkan tenaga dan uang yang tidak sedikit, sementara AIMI sendiri adalah sebuah organisasi dalam bentuk nirlaba. Oleh karena itu, sejak tahun 2008-2009 AIMI mulai menghimpun dana dari masyarakat untuk mendonasikan secara sukarela.

Saat itu, kata Mia, donasi yang terkumpul hanya belasan juta, padahal modal yang dibutuhkan ratusan juta. Tetapi dari belasan juta tersebut, justru banyak pekerja film yang tergugah dan terketuk hatinya untuk membantu terwujudnya iklan layanan tentang ASI.

“Kalau memang kita ada kemauan dan masyarakat turut serta berperan secara aktif, kita bisa mewujudkan ini. Ini murni iklan layanan yang dipersembahkan oleh AIMI. Baru ini satu-satunya iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh elemen masyarakat sendiri. Jadi bukan oleh pemerintah atau pun lembaga badan dunia,” cetusnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, "sekarang kita sedang menghimbau kepada seluruh stasiun televisi untuk menayangkan ini. Untuk langkah awal kita akan coba pasang di Youtube, untuk melihat seberapa besar antusiasme masyarakat."

Ayah ASI

Tidak seperti halnya iklan layanan ASI yang sebelumnya, dimana selalu mengangkat mengenai kehebatan serta manfaat ASI, kali ini AIMI mencoba melihatnya dari sisi berbeda yakni dukungan (support) seorang suami atau ayah. 

Dengan mengambil judul "Ayah ASI", iklan ini akan lebih menonjolkan peran seorang suami dalam membantu isterinya untuk memberikan ASI eksklusif. Menurut Mia, 50 persen keberhasilan seorang ibu dalam memberikan ASI sangat dipengaruhi dukungan seorang ayah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com