Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan untuk Jantung Sehat di Usia Muda hingga Tua

Kompas.com - 19/05/2024, 20:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang kita makan memiliki efek langsung pada fungsi jantung dan sistem kardiovaskular kita.

Mengutip Cleveland Clinic, pola makan yang didasarkan pada makanan tertentu dapat meminimalkan risiko penyakit jantung dan kejadian jantung yang mengancam jiwa.

Penting untuk diketahui bahwa penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian yang utama di Indonesia, seperti yang dikutip dari Kementerian Kesehatan RI.

Baca juga: 10 Tanda-tanda Jantung Sehat yang Harus Diketahui

Penyakit ini dulunya sering kali ditemukan pada para orang tua, tetapi seiring waktu semakin banyak penderitanya berusia di bawah 40 tahun.

Gaya hidup yang tidak sehat keseluruhan adalah salah satu faktornya, yang meliputi pola makan dan aktivitas fisik sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk kita memilih dan memilah makanan apa saja yang membantu kita untuk mempertahankan jantung sehat.

Baca terus artikel ini untuk tahu makanan yang baik dimakan untuk membantu kamu memiliki jantung sehat di usia muda maupun tua.

Baca juga: Studi Baru: Bakteri Tertentu di Usus Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Apa makanan untuk jatung sehat?

Jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung sejak dini hingga usia tua nanti, beberapa makanan berikut ini menawarkan manfaat tersebut:

  • Ikan

Dikutip dari Cleveland Clinic, beberapa ikan kaya akan asam lemak omega-3. Itu adalah lemak sehat yang sangat berguna untuk membentuk jantung sehat.

Omega-3 bekerja untuk melindungi terhadap penumpukan plak di arteri dengan menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) yang bersifat "baik" dalam darah Anda.

Contoh ikan yang kaya lemak sehat ini meliputi salmon, haring, mackerel, halibut, tuna, dan trout.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa beberapa ikan mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi, yang dapat menimbulkan risiko tergantung pada usia dan kesehatan kamu.

Baca juga: Studi: Pola Tidur Teratur Bermanfaat untuk Mencegah Penyakit Jantung

  • Legume

Legume jenis apa pun bermanfaat untuk membantumu memiliki jantung sehat. Legume meliputi garbanzo, pinto, kacang merah, atau kacang hitam.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat memberikan pengaruh positif pada tekanan darah dan kolesterol, dua faktor penyebab penyakit kardiovaskular.

Misalnya, seperti yang dikutip dari WebMD, kacang hitam mengandung folat, antioksidan, dan magnesium, yang bisa membantumu menurunkan tekanan darah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com