Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2013, 09:37 WIB


TANYA :

Dear dokter. Saya ingin menanyakan masalah saya. Mengapa akhir-akhir ini saya selalu merasa enggan untuk melakukan ML dengan suami? Di saat saya lelap tertidur, suami selalu saja meraba-raba badan saya  dan saya menjadi terganggu. Saya bukannya merasa terangsang, tapi malah jadi malas. Entah mengapa belakangan ini, saya merasa sangat malas sekali melakukan aktivitas seksual ini. Hanya saja, kalau tidak dilayani  pasti akan timbul keributan.  Mohon bantuan dokter.

(Rika, 32, Medan)

 

JAWAB :

Saya pikir, perasaan enggan melakukan hubungan seksual disebabkan karena gairah seksual Anda berkurang atau mungkin juga hilang. Dalam keadaan begini, tentu terasa malas melakukan hubungan seksual.

Jadi, merasa terganggu kalau suami mencoba merangsang. Masalah ini tentu ada penyebabnya. Beberapa penyebab antara lain gangguan pada kondisi kesehatan, efek samping obat kontrasepsi hormon, pengalaman seksual yang tidak menyenangkan, dan hubungan pribadi dengan suami tidak baik.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan konsultasi lebih jauh dan pemeriksaan agar penyebab dapat diketahui dengan pasti. Penyebab yang ada harus diatasi dengan baik. Jangan dibiarkan masalah ini berlangsung lebih lama lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com