Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2014, 08:41 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Orang-orang berusia lanjut (lansia) jangan dibiarkan berdiam diri dalam rumah tanpa aktivitas. Agar tetap sehat, biarkan  mereka tetap beraktivitas fisik maupun olahraga sesuai kemampuan.

Selain itu, lansia juga harus tetap bersosialisasi, seperti bertemu, berkumpul dengan teman-temannya dan keluarga. Hal ini, salah satunya bisa mencegah mereka menderita demensia atau pikun.

“Harus ada lahan atau lingkungan untuk lansia ini berkumpul. Bagaimana lansia bisa ke jalur car free day, enggak di rumah saja,” ujar Direktur Eksekutif Alzheimer’s Indonesia, Kusuma Dewi Suharya di Jakarta, Minggu (21/9/2014).

Wanita yang akrab disapa DY ini mengatakan, pihak pemerintah daerah DKI Jakarta pun telah mendukung adanya lingkungan ramah lansia. Lingkungan ramah lansia nantinya akan diisi berbagai kegiatan positif yang bisa dilakukan lansia.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Bambang Sugiyono mengatakan, pemerintah daerah siap mewujudkan Jakarta sebagai Kota Ramah Lansia.

“Kita upayakan fasilitas untuk lansia harus terpenuhi. Misalnya, setiap hari Minggu ada tempat mereka (lansia) berkumpul, “ kata Bambang.

Menurut Bambang, sejauh ini di beberapa kelurahan dan kecamatan juga terdapat arena khusus lansia berkumpul. Mereka bisa senam bersama dan mendapatkan edukasi seputar kesehatan bagi lansia. Bambang mengatakan, saat ini masih dibicarakan bersama pihak terkait untuk tersedianya lahan khusus bagi lansia di Jakarta.

“Semakin cepat semakin baik terwujud lingkungan ramah lansia. Ini sudah mulai kita bicarakan, kita rapatkan,” terang dia.

Rencana ini sebelumnya pernah diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tahun lalu. Ia menilai Jakarta belum menaruh perhatian khusus pada lansia. Misalnya, dari sisi transportasi umum yaitu bus transjakarta. Lansia harus berjalan jauh atau menaiki tangga yang cukup tinggi.

“Bapak Wakil Gubernur sudah memberikan mandat bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta harus mulai mempersiapkan fasilitas umum dan infrastruktur yang memudahkan para lansia. Gedung-gedung harus  membuat jalur landai untuk  memudahkan mobilitas lansia yang menggunakan kursi roda,” terang Bambang.

Kini, rencana tersebut diharapkan segera terwujud dan bukan hanya sekedar wacana. Tak hanya di ibu kota, lingkungan ramah lansia ini seharusnya juga tercipta di seluruh wilayah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com