Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Pasien Diabetes yang Gula Darahnya Normal Berhenti Berobat?

Kompas.com - 22/01/2015, 09:00 WIB

TANYA:

 
Dok, 3 bulan yang lalu saya sempat dirawat di ICU karena gula darah mencapai 800. Gejala yang saya rasakan adalah pusing dan mual. Saat itu BB saya 120 kg. Sebagai informasi, papa dan kakek saya juga diabetes. Saya juga sudah dites pankreas dan hasilnya masih berfungsi baik.
 
Saat ini kadar gula darah saya dikisaran 70-86. Mengingat kadar gula yang dibawah normal, bolehkah jika saya tidak lagi mengonsumsi obat atau resep dokter (trajenta + amaryl). Apakah berbahaya bagi tubuh saya? Sudah 3 hari ini saya lepas obat, kadar gula darah sekitar 76.
 
Saya takut mengonsumsi obat terus karena saya baru berusia 19 tahun dan ada efeknya terhadap organ tubuh saya. Mohon penjelasan dokter. Terima kasih.
 
Kevin (19), Jakarta.


JAWAB:

Saudara Kevin yang saya cintai di Jakarta

Pertama-tama saya ikut prihatin, Anda yang masih sangat muda sudah menjadi penyandang diabetes. Tetapi, Anda tidak sendiri, kasus diabetes tipe 2 yang biasanya muncul setelah usia 45 tahun, pada anak-anak, usia remaja, dewasa muda juga sudah mulai banyak ditemukan.

Salah satu faktor resiko diabetes tipe 2, termasuk yang Anda alami adalah berat badan berlebih, obesitas. Dengan berat badan Anda  yang mencapai 120 Kg sebelumnya, untuk ukuran Indonesia--sayang saya tidak tahu tinggi badan Anda-- kemungkinan Anda sudah masuk dalam kategori morbid obese, saya tidak heran kemudian Anda menderita diabetes melitus itu.

Masalah ke dua orang tua Anda yang juga diabetes, memang  meningkatkan resiko Anda untuk kena diabetes dibandingkan teman sebaya Anda yang orang tuanya tidak diabetes. Tetapi tidak otomatis Anda juga harus menderita diabetes juga. Faktor lingkungan, termasuk pola makan, gaya hidup, aktifitas olahraga, berat badan yang berlebihan yang sangat  menentukan Anda kena diabetes atau tidak.

Menjawab pertanyaan saudara, bolehkah saudara menghentikan obat-obatan yang dikonsumsi sekarang karena gula darahnya sudah normal?  Maaf, saya tidak dapat menjawab dengan pasti pertanyaan ini. Karena saya tidak tahu data-data lain, riwayat penyakit saudara, berat badan saudara sekarang, pola makan, aktifitas fisik yang sekarang Anda lakukan.

Tetapi, untuk Anda ketahui bahwa gula darah Anda yang normal sekarang itu, salah satu penyebabnya adalah obat-obatan yang Anda konsumsi. Kalau Anda hentikan gula darahnya pasti akan naik. Walaupun demikian, dengan diet yang ketat, olahraga teratur yang Anda lakukan, berat badan Anda kemudian dapat mendekati normal, saya percaya, suatu saat obat-obat itu barangkali bisa dikurangi atau bahkan dihentikan. Untuk itu, Anda harus tetap kontrol dengan dokter yang merawat Anda.

Terima kasih, semoga membantu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com