Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurunkan Berat Badan Tak Jamin Selulit Akan Hilang

Kompas.com - 06/04/2015, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Keberadaan selulit seperti orang yang menjengkelkan, tapi sulit dihindari dalam kehidupan kita. Siapa pun bisa mengalami kulit yang kondisinya berubah seperti kulit jeruk.  

Selulit muncul ketika serat kolagen yang mengikat lemak di kulit meregang dan robek, sehingga memungkinkan sel-sel lemak tampak berkembang. Itu merupakan sedikit fakta tentang selulit, masih banyak fakta lainnya yang perlu Anda tahu, terutama bagaimana cara menyingkirkannya.

1. Selulit bukan lemak
Jangan salah memahami selulit. "Selulit hanyalah lesung dan lekukan yang terlihat ketika lemak terbagi ke dalam kantong-kantong  kecil di kulit," kata ahli bedah plastik, Matthew Schulman.

2. Lebih umum pada wanita dibanding pria
Schulman menjelaskan, kolagen kulit wanita seolah diatur dalam baris paralel, seperti pilar. Pola ini sesuai dengan kompartemen lemak, yang membuat selulit terlihat. Sementara itu, kolagen pada pria diatur dalam pola-X. Hal ini menciptakan kompartemen lemak yang sangat kecil dan sedikit kemungkinan timbul selulit pada kulit mereka.

3. Krim yang dijual di pasaran mungkin membantu
Carilah produk yang mengandung kafein atau retinol.  "Kafein dapat menstimulasi aliran darah dan untuk sementara bisa menyusutkan sel lemak. Sementara itu, retinol membantu memperbaiki sel," papar asisten profesor klinik dermatologi Mount Sinai School of Medicine, Francesca Fusco.

Para ahli menyarankan untuk mengoleskan krim mengandung retinol dahulu, lalu diikuti dengan kafein. Namun perlu diingat, cara ini tidak menjamin akan mampu menghilangkan selulit seutuhnya.

4. Ada obatnya
Di Amerika Serikat, ada sebuah metode yang sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk menghilangkan selulit, antara lain adalah Cellulaze. Akan tetapi cara tersebut biasanya mahal. Prosesnya membutuhkan sekitar satu jam, tetapi efeknya bisa bertahan sampai tahunan.

5. Olahraga dapat mengurangi tampilan selulit
Pendiri The MELT Method, Sue Hitzmann menyarankan beberapa gerakan MELT yang bisa membantu.  "Interval training juga dapat membakar lemak, sehingga mampu mengurangi tampilan selulit. Anda juga dapat membakar lemak bahkan pada saat istirahat," terang pelatih senior di Chelsea Piers New York, Garson Grant. Lebih tertarik pada yoga? Ada beberapa gerakan yoga yang bisa membantu Anda.

6. Menurunkan berat badan tidak berarti selulit hilang
Memiliki lemak berlebih pada tubuh memang memberikan kesempatan selulit di tubuh Anda lebih jelas terlihat. Namun meskipun Anda menurunkan berat badan, jaringannya pun tetap melar dan rusak.

"Gen, peradangan, dan ketidakseimbangan hormon seluruhnya mempengaruhi selulit yang ada di tubuh," kata direktur penelitian kosmetika dan klinik dermatologi di Mount Sinai Hospital New York, Joshua Zeichner. Jadi meskipun Anda menurunkan banyak berat badan, itu tidak berarti Anda akan kehilangan seluruh selulit yang ada.

7. Sinar UV memperparah tampilan selulit
Satu alasan lainnya untuk menggunakan tabir surya secara rutin yakni sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kolagen, sehingga selulit semakin nampak. Jangan lupa pula gunakan tabir surya yang mengandung SPF. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com