Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Boleh Minum Kopi setelah Makan Jeruk? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 17/04/2024, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa jenis makanan ternyata tidak boleh dikonsumsi sebelum minum kopi. Lalu, apakah boleh minum kopi setelah makan jeruk?

Ternyata, minum kopi setelah makan jeruk tidak disarankan karena keduanya sama-sama bersifat asam sehingga bisa menyebabkan sakit perut dan nyeri ulu hati pada beberapa orang.

Anda yang terbiasa minum kopi perlu memilih jenis camilan yang sehat, khususnya yang mengandung protein, serat, dan vitamin, untuk menghindari efek samping tertentu.

Untuk itu, simak penjelasan dan camilan pendamping kopi yang disarankan berikut ini.

Baca juga: Apa yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Kopi? Ini 8 Daftarnya…

Apakah boleh minum kopi setelah makan jeruk?

Ternyata, minum kopi setelah makan jeruk tidak disarankan karena keduanya bersifat asam.

Dilansir dari Times of India, kopi bersifat sangat asam yang bisa menyebabkan sakit perut atau memperparah gejala refluks asam.

Jeruk juga memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga menggabungkan keduanya bisa menyebabkan efek samping yang serius pada beberapa orang.

Bahkan, Anda yang memiliki penyakit tukak lambung dan nyeri ulu hati, atau heartburn, dapat mengalami gejala yang lebih serius.

Meskipun begitu, efek ini mungkin akan berbeda-beda untuk masing-masing orang.

Beberapa orang mungkin tidak akan mengalami efek samping tertentu saat minum kopi setelah makan jeruk.

Namun, Anda tetap diimbau untuk melakukan tindakan pencegahan dan memberikan jeda waktu beberapa jam jika ingin minum kopi setelah makan jeruk untuk menurunkan risiko sakit perut.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula? Berikut 10 Daftarnya…

Camilan pendamping kopi

Kopi bersifat sangat asam sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu.

Dilansir dari Prevention, beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan kopi, yakni camilan yang memiliki tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi garam.

Pasalnya, mengonsumsi jenis makanan tersebut bersamaan dengan kopi dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti gugup dan sakit perut.

Namun, tidak semua orang akan mengalami efek samping ini sehingga Anda perlu memperhatikan reaksi tubuh setelahnya sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Anda yang mengalami efek samping tertentu bisa memilih camilan pendamping kopi yang tinggi serat, protein, vitamin, dan mineral, seperti kacang-kacangan.

Dengan memahami apakah boleh minum kopi setelah makan jeruk, Anda kemudian bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Anda juga bisa memberi jeda selama beberapa jam jika ingin minum kopi setelah makan jeruk agar tidak mengalami efek samping yang serius.

Baca juga: Berapa Kali Sehari Minum Kopi yang Sehat? Berikut Penjelasannya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com