Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Kanker Prostat Masih Mengancam Para Pria

Kompas.com - 15/04/2015, 08:54 WIB
advertorial

Penulis

Berdasarkan fakta, laju prevalensi kanker prostat di Indonesia cukup tinggi, yaitu 11,5 per 100.000 penduduk dengan estimasi 5.074 kasus baru terjadi tiap tahun. Laju insidensi kanker prostat ini menempati urutan keempat terbanyak pada pria setelah kanker paru-bronkus, kanker kolon-rektum, dan kanker hati. Kanker prostat adalah penyakit kanker yang menyerang kelenjar prostat, dimana sel-sel kelenjar tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali sehingga mendesak dan merusak jaringan disekitarnya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Semakin meningkatnya usia, kecenderungan berkembangnya kanker prostat meningkat dari 1:10.000 pada pria usia < 39 tahun, 1:103 pada rentang usia 40-59 tahun, dan 1:8 pada rentang usia 69-79 tahun. Pada stadium awal, biasanya kanker prostat tidak menunjukkan gejala. Namun pada stadium lanjut, penderita dapat mengalami gangguan aliran urin antara lain seperti sulit memulai atau menghentikan aliran urin, sering urinasi terutama saat malam, ditemukan darah di urin, nyeri, dan rasa membakar ketika urinasi. Gejala lainnya adalah nyeri yang dapat menjalar ke tulang belakang bagian bawah, pelvis, atau paha atas yang menjadi indikasi bahwa penyakit telah menyebar ke tulang.

American Cancer Society menyarankan para pria untuk melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker prostat, terutama bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun. Pemeriksaan lebih awal (usia 40 tahun) dapat dilakukan apabila terdapat riwayat keluarga (ayah atau saudara laki-laki) yang pernah menderita kanker prostat (berisiko tinggi). Saat ini Laboratorium Klinik Prodia telah menyediakan pemeriksaan dini kanker prostat, yaitu:

1. Pemeriksaan Prostate Specific Antigen (PSA) dalam darah

2. Pemeriksaan Digital Rectal Examination (DRE) atau dikenal dengan colok dubur

Meskipun tidak menunjukkan gejala pada stadium awal, kanker prostat dapat mengancam kaum pria. Deteksi dini secara rutin sejak usia 40 tahun adalah langkah yang sangat tepat karena penanganan kanker prostat pada stadium awal dapat memberikan harapan hidup hingga 70%.

Selama bulan April 2015, Laboratorium Klinik Prodia mengajak masyarakat untuk mewaspadai kanker prostat dan memberikan penawaran khusus bagi Anda yang melakukan pemeriksaan PSA. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Laboratorium Klinik Prodia cabang terdekat atau kunjungi www.prodia.co.id. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com