Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Saraf, Pria Ini Tak Kenal Wajah Sendiri Saat Bercermin

Kompas.com - 03/11/2015, 13:20 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber foxnews

KOMPAS.com – Sebuah kondisi neurologis langka dialami seorang pria 78 tahun di Perancis. Pria itu, sebut saja Mr B, tidak dapat mengenali wajahnya sendiri saat bercermin. Ia merasa hanya melihat orang asing saat bercermin di kamar mandi.

Dalam kasus yang dipublikasikan dalam jurnal Neurocase, Mr B bahkan mengajak bicara bayangannya sendiri di cermin dan membawakan dua alat makan. Mr B merasa kebingungan karena bayangannya itu tahu banyak tentang dirinya.

Dalam pemeriksaan medis, Mr B kemudian didiagnosis menderita sindrom Capgras. Sindrom Capgras biasanya membuat penderitanya  tidak bisa mengenali orang-orang terdekat, seperti suami, istri, dan anak-anak. Mereka melihat orang lain ketika berbicara dengan keluarga terdekat.  

Dokter Capucine Diard-Detoeuf, seorang ahli saraf di University Hospital of Tours di Perancis mengatakan, Mr B termasuk tipe sindrom Capgras atipikal karena juga tidak bisa mengenali wajahnya sendiri.

Dokter kemudian memberikan Mr B obat antipsikotik dan obat anti-kecemasan. Sebab, Mr B juga merasa cemas tinggal bersama keluarganya di rumah karena terlihat sebagai orang asing. Setelah rutin minum obat, gangguan pada Mr B pun hilang. Ia mengaku tak lagi melihat orang asing di rumahnya.

Sindrom Capgras pertama kali diketahui oleh psikiater Perancis Joseph Capgras  tahun 1923. Dalam kasus itu, pasien menganggap anggota keluarga dan teman-temannya adalah penipu.

Belum diketahui pasti penyebab sindrom Capgras. Menurut para ahli, kondisi yang dialami Mr B mirip dengan prosopagnosia. Menurut peneliti, dalam sindrom Capgras terjadi gangguan pada dua jalur otak yang berbeda.

Peneliti mengimbau para dokter untuk tidak salah mendiagnosa. "Kondisi klinis ini merupakan sindrom Capgras atipikal dan harus dibedakan dari prosopagnosia," ujar Diard-Detoeuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com