Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Omega 3 dan Omega 6, Lemak Baik yang Penting untuk Dikonsumsi

Kompas.com - 10/11/2015, 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebanyakan masyarakat menganggap lemak merupakan sesuatu yang buruk yang harus dihindari. Lemak dianggap bisa menyebabkan kegemukan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Namun, tak semua lemak berefek buruk pada tubuh, seperti omega 3 dan omega 6.

Menurut Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, omega 3 dan omega 6 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga, jenis lemak ini, sangat penting bagi tubuh.

“Jenis lemak ini penting sekali bagi tubuh, apalagi untuk tumbuh kembang anak. Karena, merupakan pembentuk jaringan dan sel tubuh,” ujarnya di acara Kerjasama Blue Band dan TP PKK DKI Jakarta (10/11).

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa omega 3 yang sangat penting ini nyatanya hanya dikonsumsi sebanyak 39% dari rekomendasi WHO. Padahal, selain penting untuk mendukung pertumbuhan optimal anak, omega 3 dan 6 ini banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

“Mengonsumsinya dapat membuat rambut dan kulit menjadi berkilau, mata bersinar, bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat, penting untuk kualitas jantung yang baik, hingga baik untuk hormon kewanitaan dan kejantanan,” Prof. Hardinsyah menjelaskan.

Omega 3 dan omega 6 bisa didapat dari berbagai sumber makanan, mulai dari ikan salmon, ikan tuna, minyak sawit, telur, tempe, tahu, sayuran hijau, alpukat, dan margarin yang mengandung omega 3 dan omega 6.

Prof. Hardinsyah menambahkan, untuk makanan dengan kandungan omega 3 dan omega 6 nya tinggi, tapi harganya mahal seperti tuna dan salmon, bisa digantikan dengan mengonsumsi belut. (Gibran Maulana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com