Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini untuk Meringankan Masa Pemulihan Setelah Vasektomi

Kompas.com - 27/03/2016, 11:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Salah satu metode kontrasepsi pada pria yang bisa dilakukan adalah vasektomi, yaitu dengan memotong saluran sperma yang membawa sperma dari testis ke penis. Nantinya, sperma tidak akan keluar bersama air mani saat pria ejakulasi.

 

Setelah vasektomi, apa yang Anda lakukan atau apa yang tidak Anda lakukan - dapat memengaruhi kecepatan dan rasa sakit selama masa pemulihan.

 

Apa yang Anda lakukan, atau tidak lakukan, akan memiliki efek yang mungkin berlangsung berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan lebih. Berikut enam panduan yang mudah untuk dilakukan agar masa penyembuhan setelah vasektomi berlangsung dengan lebih mudah dan ringan.

 

1. Pertama dan terpenting, tetap istirahat selama beberapa hari. Jaringan halus akan membengkak dan sakit jika Anda menghabiskan waktu untuk berdiri atau berjalan di hari-hari pertama pemulihan.

Ini berarti Anda tidak bisa pergi keluar untuk makan malam, menonton film, atau kegiatan apapun di mana Anda harus banyak berdiri.

 

2. Hindari angkat berat atau mengedan selama sekitar satu atau dua minggu. Tentu saja, semua orang tahu bahwa Anda dapat memindahkan kulkas dan galon penuh berisi air minum, tapi saat sesudah operasi vasektomi bukanlah saat yang tepat untuk unjuk kekuatan.
Hindari posisi berjongkok, sit-up atau atau kaki menekan selama dua minggu.

 

3. Kompres bagian di bawah sana yang sakit dengan es selama 20 sampai 30 menit dengan jeda 10 menit selama beberapa hari pertama setelah vasektomi.

Hal ini akan mengurangi inflamasi dan pembengkakan, dan memberikan rasa nyaman di saat-saat pemulihan. Pastikan Anda menempatkan es di luar pakaian Anda - tidak langsung terkena kulit.

 

4. Kenakan alat pendukung atau kompresi seperti celana bersepeda di luar celana dalam Anda, di minggu pertama atau sampai minggu kedua setelah vasektomi. Gravitasi dan gerakan yang kurang tepat dapat menyebabkan trauma di dalam jaringan skrotum.

 

5. Minum obat anti-inflamasi seperti naproxen atau ibuprofen, seperti yang disarankan oleh dokter Anda, selama beberapa hari pertama untuk mengurangi pembengkakan, peradangan dan ketidaknyamanan. Tentu saja, Anda jangan mengonsumsinya jika memiliki masalah dengan sakit maag atau sakit perut.

 

6. Tidak ada seks selama satu minggu pertama. Dan kemudian, setelah satu minggu, boleh melakukan hanya dengan alat kontrol kelahiran sampai Anda diberitahu oleh dokter bahwa alat KB tidak lagi diperlukan.

 

Vasektomi tidak langsung membuat Anda steril. Vasektomi menghalangi sperma segar masuk ke dalam saluran kelamin. Butuh waktu dua bulan atau lebih untuk 'mengeluarkan' sperma di dalam tubuh Anda.

 

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu memeriksa diri di minggu ke-delapan setelah vasektomi. Jangan pernah menganggap Anda telah steril sebelum mendapat konfirmasi dari dokter, karena kadang-kadang hal itu memakan waktu lebih lama dari perkiraan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com