Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2016, 12:45 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Kapan terakhir kali Anda menangis? Saat stres, cobalah keluarkan dengan menangis. Menangis itu ternyata baik untuk kesehatan.

Dr Pete Sulack, dokter yang mendalami stres dari AS, ditanyai mana yang lebih baik, mengeluarkan stres dengan menangis atau menarik napas dalam untuk menahan tangis.

Ia mengatakan menangis itu baik untuk mengurangi kadar stres di tubuh. Juga baik untuk kesehatan emosi dan psikologi serta cara yang baik untuk menghadapi emosi yang tegang.

Hal itu pernah dibuktikan secara ilmiah. Studi di St Paul-Ramsey Medical Center Minnesota menemukan bahwa air mata sebenarnya mengandung hormon stres.

Menurut Dr Sulack, air mata itu merupakan hormon berbasis protein prolaktin, hormon adrenocorticotropic dan leucine enkephalin (penghilang nyeri alami) yang semuanya diproduksi oleh tubuh manusia ketika sedang stres.

Ia juga menekankan, bahwa mengeluarkan hormon adrenocorticitropic sebenarnya mengurangi kadar kortisol di tubuh.

Kortisol adalah hormon stres yang membuat kita jadi cemas dan panik serta menyebabkan perut jadi buncit. Mengurangi kortisol, berarti jadi lebih bahagia dan lebih langsing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com