Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Seharian di Kantor, Ganti Posisi 40 Kali demi Tetap Sehat

Kompas.com - 26/09/2016, 07:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Duduk diam untuk jangka waktu yang lama dikaitkan dengan kelebihan berat badan, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, dan kematian dini. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan bergerak sebanyak 40 kali.

Menurut lembaga kesehatan terbesar di Inggris NHS (The National Health Service), lama duduk diduga dapat memperlambat metabolisme, yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah, tekanan darah, dan memecah lemak.

Sehingga, penyakit seperti diabetes tipe 2, obesitas, menjadi begitu “akrab” bagi mereka yang menghabiskan waktu lebih dari 14 jam sehari untuk duduk di kantor maupun perjalanan.

Menurut osteopati Xerxes Dalal, banyak juga orang mengeluhkan rasa sakit punggung setelah duduk sepanjang hari.

"Saya telah menemui begitu banyak pekerja kantor yang memiliki punggung buruk sebagai akibat dari stres, jam kerja yang panjang, dan duduk berlebihan,” katanya.

Walau begitu, ada cara mudah yang sebenarnya Anda bisa lakukan untuk menyiasati duduk lama agar tak berujung pada penyakit. Idealnya, Anda harus mengubah posisi sebanyak 40 kali per hari di tempat kerja, papar Dalal. Jadi jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk tetap berada di kantor, cukup ubah posisi sebanyak 40 kali.

Bergerak 40 kali sehari terdengar seperti banyak sekali, tetapi jika Anda berdiri saat menerima panggilan telepon, menjauh dari meja Anda untuk rapat, mengambil minum di pantry atau membuat teh, pergi keluar untuk makan siang, memilih pergi ke kubikel kerabat untuk menyampaikan pesan ketimbang lewat telepon, jumlah itu pasti dicapai, tekan Dalal.

“Jadi, Anda hanya perlu berdiri atau berjalan saat ingin melakukan sesuatu, dan itu sudah cukup,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com