Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2016, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Meski sudah belajar dan membaca semalaman sebelum ujian, terkadang begitu membaca soal kita gagal mengingat apa yang sudah pelajari. Kemungkinan hal itu terjadi karena teknik menghapal Anda salah.

Ada banyak cara untuk meningkatkan memori. Salah satu teknik yang paling sering dipakai adalah menggarisbawahi atau membaca dan membaca berulang-ulang sebuah teks yang harus dihapal. Sayangnya, cara ini kurang efektif pada sebagian besar orang.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat yang bisa membantu Anda menghadapi ujian, mengesankan orang yang Anda temui di sebuah acara, atau untuk mengingat beberapa hal penting.

1. Tidur setelah belajar
Segera sesudah kita belajar hal baru atau melakukan sesuatu, kita akan mengingatnya dengan detail. Seiring waktu, setelah makin banyak yang kita lakukan, baca, atau pelajari, memori perlahan-lahan menurun dan semakin tidak akurat. Selain itu, memori baru memang rapuh dan gampang dilupakan.

Jadi, bagaimana cara kita melindungi memori baru? Untuk meningkatkan proses konsolidasi memori, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah tidur. Penelitian mengungkap, pelajar yang tidur setelah tiga jam mempelajari sebuah materi memiliki daya ingat 16 persen lebih baik. Tidur bisa menghilangkan stimulus lingkungan yang mungkin mengganggu hal yang kita pelajari.

2. Visualisasi
Terkadang, otak kita tidak bisa membedakan perbedaan antara yang ril dan imajinasi. Menggunakan strategi untuk menyandi (encoding) informasi merupakan cara untuk membuat sesuatu hal mudah diingat. Nah, cara yang bisa kita lakukan dalam menyandi informasi yang banyak secara efektif adalah mevisualisasikan. Bayangkan secara visual informasi yang harus kita ingat.

3. Membagi-bagi
Secara teori kita bisa menyimpan sekitar 7 bagian informasi dalam memori jangka pendek pada satu waktu. Tak heran bila kita sulit mengingat nomor ponsel yang terdiri dari 12 angka. Salah satu teknik untuk meningkatkan daya ingat adalah membagi atau memotong informasi menjadi pecahan kecil.

4. Ambil jeda
Dari pada belajar secara marathon, ambilah jeda setiap beberapa menit. Tingkat konsentrasi kita akan lebih baik untuk durasi waktu tertentu.

Penelitian juga menunjukkan, belajar dalam durasi waktu singkat lebih efektif untuk diingat ketimbang jam belajar yang panjang. Oleh karenanya, untuk menghadapi ujian penting sebaiknya jangan belajar semalaman, tapi pelajari materi-materinya dalam beberapa sesi waktu.

5. Rinci lebih lanjut
Pikirkan tentang sesuatu (konsep/ide) dan tambahkan makna tentang hal itu dengan mengaitkannya pada hal lain yang sudah Anda tahu. Walau perlu tambahan usaha, tetapi merinci sesuatu hal yang sedang kita pelajari dapat membuat kita mengingat lebih baik dan detil. Bukan hanya itu, teknik ini juga membuat materi tersebut akan ditransfer ke memori jangka panjang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com