Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kini Diklaim Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19, Ini 4 Manfaat Ikan Gabus

KOMPAS.com - Ikan gabus merupakan ikan jenis air tawar yang banyak beredar di Indonesia.

Ikan dengan nama latin Channa striata ini memang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk pengobatan.

Itu sebabnya, banyak orang mulai membudidayakannya karena nilai komersial dan manfaat kesehatan yang dimiliki.

Riset terbaru dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara mengklaim ekstrak ikan gabus bisa percepat penyembuhan pasien Covid-19.

Kandungan nutrisi

Ikan gabus merupakan sumber protein dan vitamin A. Ikan ini juga mengandung asam arakidonat yang tinggi dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

Ikan air tawar ini juga mengandung berbagai jenis lipid, seperti fosfolipid, lemak alkohol, trigliserida, dan ester kolesterol.

Semua jenis lipid tersebut berfungsi untuk menghasilkan lemak jenuh tak ganda untuk mengatur sintesis prostaglandin yang mempercepat penyembuhan luka.

Melansir temuan dalam Food and Nutrion Journal, ikan gabus mengandung albumin yang juga bisa membantu mempercepat pemulihan pasca operasi dan pemulihan fungsi hati.

Selain itu, ikan gabus juga mengandung antioksidan gluthione, asam amino glutamin, sistein dan glisin yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh, termasuk pankreas.

Manfaat ikan gabus

Sebelum muncul penelitian tentang manfaat ikan gabus untuk pasien Covid-19, ikan jenis air tawar ini telah banyak digunakan untuk berbagai pengobatan tradisonal karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Melansir data dalam riset yang diterbitkan dalam Science Forest, berikut berbagai manfaat ikan gabus untuk kesehatan:

1. Mengatasi penyakit kulit

Ikan gabus juga terbukti secara ilmiah dapat mengatasi berbagai penyakit kulit seperti jerawat, alergi, psoriasis, skeloris, infeksi dan sejenisnya.

Ikan air tawar ini membantu merigankan berbagai gejala penyakit kulit dan memelihara kesehatan.

Manfaat ini terjadi karena kandungan DHA dalam ikan gabus yang mampu menutrisi kulit dan mengurangi berbagai gejala penyakit kulit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Asam amino esensial dan asam lemak dalam ikan gabus membantu memulihkan penembuhan luka.

Itu sebabnya, ekstrak ikan gabus juga seringkali diberikan kepada pasien pasca operasi atau wanita yang baru saja melahirkan untuk mempercepat penyembuhan luka.

3. Antijamur dan antimikroba

Ekstrak ikan gabus telah teruji mengandung agen antibakteri dan antijamur. Sifat antijamur dalam ikan gabus telah terbukti membantu menghambat pertumbuhan jamur berfilamen dan ragi.

Sedangkan sifat antimikroba pada ikan gabus juga membantu menghambat pertumbuhan bakteri Aeromonas hydrophila, Psedomonas aeruginosa, Vibrio anguillarum, P. aeruginosa dan V. fischeri.

4. Mengatasi radang sendi

Ikan gabus juga mengandung sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi penyakit radang sendi.

Ekstrak ikan gabus juga terbukti dapat meningkatkan serabut saraf di membran sinovial yang membantu mengurangi gejala radang sendi atau osteoarthritis.

Itu sebabnya, ekstrak ikan gabus seringkali dijadikan sebagai obat untuk perawatan osteoarthritis.

https://health.kompas.com/read/2020/07/18/090000368/kini-diklaim-bantu-sembuhkan-pasien-covid-19-ini-4-manfaat-ikan-gabus

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke