Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Jenis Ambeien yang Membutuhkan Tindakan Operasi

KOMPAS.com - Ambeien atau wasir umumnya bukan kondisi medis yang serius. Sehingga, tidak semua jenis ambeien membutuhkan tindakan operasi.

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus atau rektum bagian bawah, mirip dengan varises. Dalam dunia medis, wasir disebut dengan hemoroid.

Tidak semua wasir terlihat, tetapi pada kondisi parah bisa berbentuk benjolan kemerahan atau membiru.

Benjolan itu dapat muncul, terutama setelah seseorang buang air besar (BAB). Kondisi ini lantas menyebabkan anus terasa gatal sehingga Anda berhasrat untuk menggaruknya.

Benjolan yang muncul di anus juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat duduk atau beraktivitas berat. Bahkan, benjolan itu bisa membuat seseorang kesakitan dan berdarah.

Benjolan ambeien bisa diatasi dengan cara alami seperti merendam bokong pada baskom berisi air hangat dicampur garam epsom atau mengoleskan cairan daun lidah buaya. Namun, apabila perawatan ala rumahan tidak dapat mengatasi ambeien, Anda perlu segera periksa ke rumah sakit.

Melansir Healthline, ada beberapa jenis ambeien yang perlu mendapat tindakan operasi. Yuk, simak paparan berikut.

Ambeien internal derajat 3 dan 4

Ambeien internal adalah pembengkakan yang terjadi di dalam anus, tepatnya di liang rektum. Ambeien internal boasanya tidak menimbulkan jela dan rasa sakit.

Ambeien internal dibagi menjadi derajat 1 hingga 4 berdasarkan pada kondisi benjolan di anus.

Pada derajat 1 benjolan terdapat di dalam anus. Ambeien ini tidak muncul di permukaan anus. Melihat kondisi ini, ambeien internal derajat satu tidak memerlukan tindakan operasi.

Kemudian, pada derajat 2, benjolan dapat muncul keluar lubang anus, namun dapat kembali ke dalam saat tidak mengejan. Oleh sebab itu pada derajat 2 juga tidak membutuhkan operasi.

Sementara itu, ambeien internal pada derajat 3 dan 4 umumnya memerlukan tindakan operasi.

Pada derajat 3, benjolan sudah muncul keluar dan menyebabkan rasa sakit atau mengeluarkan darah. Ambeien sebenarnya bisa didorong masuk kembali dengan bantuan jari, namun dokter dapat merekomendasikan tindakan bedah.

Kemudian pada derajat 4, ambeien tidak dapat hilang dengan sendirinya dan perlu tindakan operasi untuk menanganinya.

Ambeien ini biasanya perlu dirawat untuk mencegah rasa sakit, ketidaknyamanan, atau komplikasi lebih lanjut seperti infeksi.

 

Ambeien eksternal

Ambeien eksternal terletak di luar area dubur. Kondisi ini menyebabkan penderitanya lebih mungkin merasa sakit dan tidak nyaman saat duduk, melakukan aktivitas fisik, dan buang air besar.

Ambeien eksternal juga lebih mudah dilihat saat membengkak, dan warna kebiruan dari vena yang melebar terlihat di bawah permukaan kulit dubur.

Saat mengeluarkan tinja, ambeien ini sering timbul keluar sehingga mudah dilihat dan dirasakan oleh penderitanya.

Orang yang mengalami ambeien eksternal besar kemungkinan dianjurkan untuk melakukan prosedur bedah atau operasi.

Ambeien trombosis

Ambeien trombosis adalah ambeien yang mengandung bekuan darah. Ambeien trombosis mungkin muncul sebagai benjolan di sekitar anus.

Ambeien trombosis pada dasarnya adalah komplikasi dari ambeien, di mana gumpalan darah terbentuk sehingga menimbulkan keluhan, seperti:

  • rasa sakit dan gatal yang tak tertahankan
  • bengkak dan kemerahan
  • warna biru di sekitar wasir

Dokter kemungkinan akan merekomendasikan tindakan operasi apabila benjolan ambeien trombosis semakin membesar.

Operasi ambeien

Dikutip dari WebMD, ada dua jenis tindakan bedah atau operasi untuk penyakit ambeien yaitu hemoroidektomi serta stapel hemoroid.

Hemoroidektomi merupakan pembedahan yang bertujuan untuk pengangkatan totak ambeien. Pembedahan dapat dilakukan dengan anestesi lokal bersama dengan bius ringan atau dengan anestesi umum.

Cara ini efektif dalam meredakan sakit dalam jangka panjang, terutama bila penanganan konservatif dengan asupan obat dan perubahan gaya hidup tidak cukup berhasil mengatasi gejala.

Sementara itu, stapel hemoroid merupakan prosedur pembedahan yang bekerja dengan menghalangi aliran darah ke jaringan ambeien.

Stapel hemoroid umumnya dilakukan untuk mengobati wasir internal. Tak seperti hemoroidektomi yang secara total menghilangkan ambeien, tindakan stapel hemoroid masih menyisakan risiko ambeien kambuh kembali.

https://health.kompas.com/read/2022/08/12/120000668/3-jenis-ambeien-yang-membutuhkan-tindakan-operasi

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke