Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Digunakan untuk Gagal Ginjal Akut pada Anak, Fomepizole Obat Apa?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Jumat (21/10/2022) menyebutkan, fomepizole yang diberikan kepada pasien gagal ginjal akut pada anak, sebagian besar hasilnya positif.

Kementerian Kesehatan lantas mendatangkan ratusan obat tersebut dari Singapura dan Australia. Fomepizole bakal diberikan kepada pengidap gagal ginjal akut pada anak di berbagai daerah.

Untuk diketahui, kemungkinan penyebab gagal ginjal akut pada anak berasal dari konsumsi obat sirup yang mengandung cemaran etilen glikol dan dietilen glikol.

Cemaran tersebut berasal dari bahan pelarut obat polietilen glikol, propilen glikol, sorbitol, gliserin atau gliserol.

Untuk diketahui, obat ini sebenarnya tidak spesifik digunakan untuk mengatasi gagal ginjal.

Simak fomepizole obat apa, manfaat, pengggunaan, sampai cara kerjanya yang perlu Anda ketahui.

Fomepizole obat apa?

Dilansir dari RXList, fomepizole adalah jenis obat penangkal racun atau antidot yang digunakan untuk mengobati keracunan.

Fomepizole dipakai untuk mengatasi keracunan etilen glikol, alkohol, atau metanol yang digunakan untuk pelarut, bahan bakar, zat kimia produk rumah tangga, atau otomotif.

Pemberian obat ini perlu dilakukan sesegera mungkin setelah ada kecurigaan seseorang mengalami keracunan etilen glikol, alkohol, atau metanol.

Terkadang, pemberian fomepizole dibarengkan dengan perawatan cuci darah atau hemodialisis.

Terutama untuk penderita yang sampai mengalami gagal ginjal; asidosis metabolik; atau konsentrasi etilen glikol, alkohol, atau metanol cukup tinggi (50 mg/dL atau lebih tinggi).

Cara kerja fomepizole

Fomepizole adalah jenis obat inhibitor. Obat ini bekerja dengan cara memblokir atau mencegah enzim alkohol dehidrogenase membentuk metabolit toksik (zat hasil metabolisme yang terbentuk ketika keracunan).

Orang yang keracunan etilen glikol, alkohol, atau metanol di atas ambang batas yang bisa ditoleransi tubuh bisa mengalami asidosis metabolik (penumpukan zat asam atau kehilangan alkali dalam darah dan jaringan tubuh).

Pasalnya, etilen glikol, alkohol, atau metanol yang masuk ke dalam tubuh akan dimetabolisme enzim. Hasil metabolisme ini bisa menghasilkan asam glikolat, asam format, atau oksalat.

Dampak keracunan ini apabila tidak segera ditanggulangi dengan antidot seperti fomepizole bisa menyebabkan mual dan muntah, kejang, kesadaran menurun, koma, terbentuknya batu ginjal, gagal ginjal akut, sampai kematian.

Demikian penjelasan fomepizole obat apa, manfaat, penggunaan, sampai cara kerjanya.

https://health.kompas.com/read/2022/10/24/190100568/digunakan-untuk-gagal-ginjal-akut-pada-anak-fomepizole-obat-apa-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke