Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keong Mas Mulai Serang Tanaman Padi

Kompas.com - 05/01/2008, 12:52 WIB

MAGELANG, JUMAT - Pada musim tanam kali ini, petani di Kabupaten Magelang masih juga belum bebas dari persoalan. Setelah sebelumnya mengalami kesulitan air, kini mereka harus menghadapi maraknya serangan keong mas.

Makhi, salah seorang petani asal Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan mengatakan bahwa serangan hama keong mas yang selalu marak pada musim penghujan ini, belum ditemukan obat penangkal atau pembasminya.

"Guna menghindari serangan yang lebih luas, kami pun hanya mampu berupaya berjalan menyusuri sawah dan memungut satu demi satu keong mas yang ditemukan di jalan," terangnya, Jumat (4/1).

Keong mas tersebut biasanya banyak bermunculan pada waktu malam hingga pagi berikutnya. Dalam 1.000 meter persegi lahan, dia bisa menemukan satu kantong plastik keong mas dengan berat dua hingga tiga kilogram.

Hal serupa juga menimpa Nur, petani asal Desa Blondo, Kecamatan Mungkid. Keong mas tersebut, menurut dia, menyerang tanaman dengan cara memakan habis bagian daun . Kondisi itu, tak urung membuatnya harus berulangkali mengganti tanaman yang rusak itu dengan tanaman baru.

"Dalam jangka waktu 10 hari saja, saya bahkan sudah mengganti lebih dari 100 bibit tanaman," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com