Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Riau Berembus ke Sumut

Kompas.com - 21/05/2008, 00:27 WIB

MEDAN, RABU – Kabut asap dari Provinsi Riau berembus ke wilayah Provinsi Sumatera Utara karena terbawa angin dari arah tenggara. Angin tersebut selanjutnya membawa kabut asap arah barat daya ke Malaysia.

“Dalam waktu dekat, kita siap-siap mendapat protes dari Malaysia. Ini baru fase awal dari musim kabut asap. Biasanya puncak kabut asap di Sumatera antara bulan Juli sampai Agustus,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Balai Meteorologi dan Geofisika (BMG) Polonia, Medan, Firman, Selasa (20/5) di Medan.

Firman mengatakan kabut asap akibat pembakaran lahan di Sumut bercampur dengan mendung. Kepekatan kabut asap yang terjadi di Sumut, dari datanya, berfluktuasi dengan jarak pandang 2.000 sampai 4.000 meter. “Ini masih di ambang normal. Jika jarak pandang menyentuh 1.000 meter, bandara harus menghentikan operasionalnya demi keselamatan penerbangan,” katanya.

Untuk sementara, titik api akibat pembakaran lahan di Sumatera Utara hanya berkisar puluhan titik. Sementara di seluruh wilayah Sumatera tidak sampai 200 titik api. Pada pekan lalu, titik api sempat menembus angka 372 titik yang tersebar di seluruh Sumatera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com