Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emas dan Rekor Dunia Kelima Phelps

Kompas.com - 13/08/2008, 11:01 WIB

BEIJING, RABU — Luar biasa. Perenang Amerika Serikat, Michael Phelps semakin menunjukkan keperkasaannya di kolam renang National Aquatics Center, Rabu (13/8). Peraih tiga emas Olimpiade Beijing itu kembali meraih tempat pertama di nomor 200 m gaya kupu-kupu per orangan putra dan estafet 4 x 200 m gaya bebas putra.

Di nomor per orangan, Phelps tertinggal dari perenang Selandia Baru di 50 meter pertama. Kacamata renangnya terisi air, tapi peraih enam medali emas Olimpiade Athena 2004 itu berhasil menyusul di lintasan berikutnya. Ia pun menyelesaikan balapan di air ini dengan catatan waktu 1 menit 52,03 detik atau 0,06 detik lebih cepat dari rekor lama dunia atas namanya sendiri.

Perak di nomor ini disabet atlet Hongaria, Lasclo Cseh, dengan catatan waktu 1 menit 52,70 detik. Adapun perunggu jatuh ke tangan perenang Jepang, Takeshi Matsuda, dengan waktu 1 menit 52,97 detik.

Keperkasaan Phelps berlanjut di nomor estafet putra. Menjadi perenang pertama AS, Phelps lagi-lagi memecahkan rekor pada kuarter pertama. Ia jauh meninggalkan lawan-lawannya dan mencatat waktu 1 menit 43,31 detik di lap pertama.

Pencapaian Phelps ini membantu Ryan Lochte, Ricky Berens, dan Peter Vanderkaay melanjutkan prestasi gemilang kuartet AS. AS akhirnya meraih emas di nomor ini dengan catatan waktu 6 menit 58,56 detik atau selisih 4,69 detik dari rekor dunia mereka sebelumnya. Ini menjadi emas kelima bagi Phelps di Olimpiade kali ini dan semuanya diraih dengan pemecahan rekor dunia.

Dengan raihan ini, Phelps mengukuhkan diri sebagai atlet tersukses di turnamen multi-event terbesar tersebut. Sejauh ini, atlet berusia 23 tahun itu sudah mengoleksi 11 emas. Ia menyisihkan atlet tersukses sebelumnya, Paavo Nurmi, Carl Lewis, Mark Spitz, and Larysa Latynina yang sampai kini "hanya" meraih sembilan emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com