Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Ancaman Diabetes!

Kompas.com - 25/11/2008, 18:52 WIB

GRESIK, SELASA - Penyakit diabetes mellitus atau oleh masyarakat dikenal sebagai kencing manis, di Gresik khususnya dan Indonesia pada umumnya, dari tahun ke tahun terus meningkat. Data di Rumah Sakit Petrokimia Gresik menunjukkan pada 2007 tercatat 4.615 pasien, pada 2008 ini hingga November sudah mencapai 12.000 pasien atau meningkat tiga kali lipat. Sementara di Rumah Sakit Umum Ibnu Sina Gresik tercatat lebih dari 1.000 pasien per bulan.

Pengurus Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Jawa Timur, Subagijo Adi, Selasa (25/11) menyebutkan berdasarkan catatan Persadia, jumlah penderita diabetes mellitus diperkirakan mencapai enam persen dari total jumlah penduduk Jatim. Secara nasional pada tahun 2001 saja sudah tercatat 8,4 juta pasien penderita diabetes mellitus. Indonesia masuk peringkat keempat dunia jumlah penderita diabetes mellitus terbanyak. Tahun 2030 mendatang, kami memperkirakan bisa meningkat hingga 21,3 juta penderita, katanya di Gresik.

Subagijo menegaskan masyarakat harus mewaspadai penyakit diabetes mellitus. Penyakit ini menyebabkan empat hingga lima kali kematian lebih besar dibanding yang nondiabetik. Penyakit penyebab kematian lainnya penyakit jantung koroner, dan penyakit kardivas kuler seperti ginjal, liver dan stroke.

Direktur RSU Ibnu Sina Gresik, Gusti Rizaniansyah Rusli menyebutkan dari 50 pasien yang masuk rumah sakit pemerintah tersebut 20 persen mengidap diabetes mellitus. "Saya perkirakan bisa di atas 1.000 pasien tiap bulan," ujar Gusti.

Mengingat bahaya dan tingginya penyakit diabetes mellitus PT Merck Indonesia Tbk menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Petrokimia Gresik untuk mendirikan Diabetes Point Center. Product ManagerT Merck Indonesia Tbk, Prafira Kuswardhani mengatakan tujuan pendirian dan pembentukan klinik tersebut untuk memberikan edukasi, pemberian informasi yang benar tentang penyakit diabetes mellitus. "Kami membantu meningkatkan kualitas hidup penyandang diabetes dengan memberikan penyuluhan, melakukan pemeriksaan gula d arah, dan mendukung terlaksananya olah raga DM," kata Prafira.

Di sela-sela pembukaan Klinik Diabetes Point Centre di Rumah Sakit Petrokimia Gresik, Direktur Utama Rumah Sakit Petrokimia Gresik, Priyanto Swasono Selasa (25/11) berharap Diabetes Point Center yang didirikan satu-satunya di Jawa Timur ini bisa dimanfatkan masyarakat Gresik dan sekitarnya untuk memantau perkembangan kesehatannya. Peningkatan penderita diabetes mellitus terjadi hampir di semua rumah sakit. Dengan klinik ini, paling tidak masyarakat menyadari pentingnya kesehatan agar terhindar dari diabetes dan sebaran penderita diabetes bisa dicegah agar tidak meningkat, katanya.  

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com