Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Kembar Delapan Cuatkan Kontroversi

Kompas.com - 29/01/2009, 22:10 WIB

LOS ANGELES, KAMIS - Kelahiran bayi kembar delapan baru-baru ini di satu rumah sakit Los Angeles mengundang tepuk tangan dari seluruh Amerika Serikat, tapi menyulut kontroversi mengenai apakah dokter sang ibu telah berbuat cukup banyak guna mencegah kehamilan penuh risiko semacam itu.
    
Para dokter di Kaiser Permanente Bellflower Medical Center di Los Angeles mengatakan kedelapan bayi itu, enam laki-laki dan dua perempuan, berada dalam kondisi sehat setelah mereka dilahirkan pada Senin melalui bedah Cesar, 9,5 pekan lebih dini, demikian laporan kantor berita resmi China, Xinhua.

Semua bayi tersebut, dengan berat antara 1 pon 8 ons dan 3 pon 4 ons, adalah bayi kembar delapan kedua yang dilahirkan dengan selamat di Amerika Serikat.

Bayi kembar delapan pertama yang dilahirkan dengan selamat di Amerika Serikat, termasuk enam perempuan dan dua laki-laki, dilahirkan di Houston pada 1998. Salah seorang bayi perempuan tersebut meninggal setelah berusia satu pekan.   

Beberapa ahli medis mengatakan bahwa tak diragukan kedelapan bayi yang dilahirkan di Los Angeles tersebut diperoleh sang ibu secara alamiah. Mereka menyatakan para ahli reproduksi memiliki alat dan ketrampilan guna menghindari kehamilan beresiko tinggi seperti itu.
   
"Ketika kami  menyaksikan sesuatu seperti ini dalam dunia kehamilan pada umumnya, itu membuat kami sangat khawatir," kata Michael Yucker, ahli embriologi klinis di Atlanta dan peneliti utama dalam perawatan kehamilan, kepada Los Angeles Times, Rabu.
    
"Jika ada campur-tangan seorang praktisi medis dalam masalah ini, ada suatu tingkat terapi medis yang tidak layak di sana," katanya. Menurut Geeta Swamy, asisten profesor obsterik dan gynekologi di Duke University, American Society for Reproductive Medicine dan American College of Obstericians and Gynecologists mendorong para dokter untuk melakukan upaya guna mengekang kehamilan kembar banyak itu.
    
"Namun semuanya benar-benar terserah kepada dokter. Tak ada peraturan atau ketentuan hukum mengenai itu," kata Swamy.
     
Kedua orang-tua bayi kembar delapan yang dilahirkan di Los Angeles tersebut belum diidentifikasi, dan para pejabat di Kaiser mengatakan mereka tak memiliki wewenang untuk menyiarkan keterangan kepada masyarakat mengenai bagaimana bisa terjadi sang ibu sampai hamil bayi kembar delapan.
    
Kelahiran bayi kembar banyak, yang didefinisikan sebagai bayi kembar tiga atau  lebih yang dilahirkan secara bersamaan, dipandang sebagai berbahaya buat bayi dan ibunya, kata para ahli medis.
    
Masalah yang muncul dalam bayi prematur, termasuk kehilangan kemampuan belajar dan tertundanya kemampuan kognitif, seringkali tak terlihat sampai bertahun-tahun setelah kelahiran mereka, tambah para ahli itu.
    
Para ahli kesuburan biasanya berusaha mencegah kelahiran bayi kembar karena potensi gangguan kesehatan buat si ibu dan bayi dan karena kelahiran semacam itu menyerap sangat banyak sumber daya keuangan buat rumah sakit, perusahaan asuransi kesehatan dan keluarga bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com