Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Merah dan Putih Seimbang

Kompas.com - 02/10/2009, 09:57 WIB

KOMPAS.com - Daging sapi dapat diolah menjadi berbagai masakan, baik yang bersifat tradisional (seperti empal, semur, sate, rawon, atau dendeng) maupun dalam bentuk olahan modern (seperti bistik, kornet, sosis, daging asap, bakso, dan lain-lain).

Selain sebagai sumber protein hewani yang sangat penting bagi tubuh, daging juga mengandung sejumlah asam lemak jenuh dan kolesterol, sehingga bila dikonsumsi berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Konsumsi daging merah sebaiknya diimbangi daging putih yang berasal dari unggas (ayam atau bebek) dan ikan. Lebih baik lagi kalau dapat memilih ikan laut yang dimasak dengan cara dipanggang, dipepes, dikukus, ditim, atau direbus, bukan yang digoreng.

Perhatian khusus harus ditujukan pada jeroan. Jeroan adalah organ dalam tubuh hewan yang sudah dijagal kecuali daging utama, otot, dan tulang. Jeroan dapat berupa: hati, jantung, ginjal, babat, usus, lidah, dan otak.

Hati merupakan organ utama tubuh bagian dalam dari hewan. Senyawa beracun lebih banyak ditemui di hati daripada bagian tubuh lain karena hati merupakan pusat netralisasi racun di dalam sistem pencernaan.

Karena itu, bila ingin mengonsumsi hati, sebaiknya mencucinya berulang kali hingga bersih dan merebusnya hingga matang, kemudian baru mengolahnya sesuai keinginan. Hal tersebut sangat penting untuk mengurangi bahaya yang ditimbulkan.

Otak merupakan jenis jeroan yang paling digemari. Otak memiliki tekstur lembut dan berwarna putih keabu-abuan. Umumnya otak sapi dan kambinglah yang sering diolah, terutama menjadi gulai. Waspadalah terhadap kandungan kolesterol yang tinggi dalam otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com